THE USE OF ISLAMIC STORY FOR TEACHING READING NARRATIVE TEXT FOR THE EIGHT GRADE STUDENTS OF SMP KHADIJAH SURABAYA

  • PRISCA RIZKI KHALIFAH

Abstract

ABSTRAK

Membaca adalah kemampuan yang penting yang harus dikuasai oleh pelajar bahasa inggris disamping kemampuan mendengarkan, berbicara, dan menulis. Membaca membantu siswa-siswa untuk memperoleh banyak informasi. Lebih dari itu, kurikulum 2013 bertujuan agar siswa mendapatkan tidak hanya hard skill tetapi juga soft skill. Berdasarkan permasalahan tersebut, guru harus bisa menemukan buku suplemen materi yang tepat. Salah satu buku materi yang menarik untuk mengajar membaca adalah cerita islami. Demikian, artikel ini akan mendeskripsikan tentang penggunaan cerita islami untuk mengajar membaca teks naratif di kelas VIII SMP Khadijah Surabaya. Cerita islami adalah salah satu bentuk teks yang menceritakan tentang peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi dan yang mengandung nilai-nilai moral karena diambil dari Alqur’an dan As sunnah. Jadi, cerita islami bisa membantu guru dalam mengajar membaca teks naratif agar tidak hanya mendapatkan kemampuan kognitif saja, tetapi juga kemampuan motorik dan afektif dari siswa. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam melakukan penelitian ini dan daftar penelitian dan kuisioner adalah instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data. Hasilnya menunjukkan cerita islami yang digunakan guru untuk mengajar membaca teks naratif adalah buku materi ajar yang menarik yang dapat membangun pemahaman siswa dalam membaca teks naratif dan meningkatkan kepribadian baik mereka dengan nilai-nilai moral yang mereka dapatkan dari cerita islami ini. Cerita islami ini bisa diimplementasikan sebagai buku materi ajar untuk mengajar membaca teks naratif di kelas VIII SMP Khadijah Surabaya. Buku materi ajar ini dapat membuat pemahaman siswa dalam membaca menjadi lebih baik dan dapat meningkatkan kepribadian siswa.  

Katakunci:Membaca,Teksnaratif,Ceritaislami

 

ABSTRACT

Reading is one of the important skills that has to be mastered by English learner  beside of listening, speaking, and writing. Reading helps the students obtain more information. Moreover, the curriculum 2013 aims that students get the competency not only related with the hard skills, but also related with the soft skills. Based on that problem the teacher should find an appropriate supplementary material in teaching reading. One of interesting supplementary books to teach reading narrative text is Islamic Story. Thus, this paper will describe the use of Islamic Story for teaching reading narrative text to eighth grade students of SMP Khadijah Surabaya. Islamic story is kind of text that tells us about the event that ever happened in the world and contains some of moral values because it take from Al-Qur’an and As-Sunnah, so it can help the teacher to get the cognitive and the affective domain from the students. A descriptive qualitative research was used to conduct this study and the observation checklist and questionnaire were the instruments to collect the data. The result showed the Islamic Story used by the teacher to teach reading narrative was interesting supplementary book which can build the student’s understanding in reading narrative and increase their good attitude with the moral values from the story. This Islamic story can be implemented as a supplementary book to teach reading narrative text to the eighth grade students of SMP Khadijah Surabaya. This supplementary book makes students’ reading comprehension become better and upgrades the student’s  good attitude.

Keywords:Reading,Narrativetext,Islamicstory

 

Published
2015-07-07
How to Cite
RIZKI KHALIFAH, P. (2015). THE USE OF ISLAMIC STORY FOR TEACHING READING NARRATIVE TEXT FOR THE EIGHT GRADE STUDENTS OF SMP KHADIJAH SURABAYA. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/12331
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 94