WHOLESOME SCATTERING GAME AS A TECHNIQUE FOR TEACHING DESCRIPTIVE WRITING TO THE SEVENTH GRADERS OF SMP SUNAN GIRI MENGANTI, GRESIK

  • KAMILATUN NISA

Abstract

Abstrak
Menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dipelajari oleh pelajar bahasa Inggris karena tujuan dari pada pengajaran bahasa Inggris di Indonesia adalah untuk membuat siswa mampu berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan. Kebiasaan mengajar menulis yang terfokus pada teori dan tata bahasa saja tidak dapat membantu siswa dalam menulis dengan baik. Guru seharusnya menuntun siswa dalam proses menulis untuk membuat mereka lebih mudah dalam menulis. Salah satu cara untuk menuntun siswa dalam proses menulis, juga memotivasi mereka dalam belajar bahasa Inggris, adalah dengan menggunakan teknik wholesome scattering game. Wholesome scattering game adalah sebuah game, dimana siswa diberi beberapa kata kunci dari sebuah teks, siswa harus menyusun kata kunci tersebut dalam bentuk susunan yang tidak biasa atau unik, dan mereka harus membuat kalimat untuk membuat sebuah teks yang baik menggunakan kata kunci tersebut. Kalimat yang dibuat harus semirip mungkin dengan kalimat yang ada pada teks yang dimiliki guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas tujuh di SMP Sunan Giri Menganti, Gresik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah catatan lapangan, transkrip dari perekam suara atau gambar, pedoman wawancara, dan hasil dari tugas menulis siswa. Terdapat tiga poin yang bisa dilihat dari hasil penelitian ini. Pertama, pelaksanaan wholesome scattering game sebagai teknik untuk mengajar menulis teks deskriptif berjalan dengan lancar. Kedua, hasil dari tugas menulis siswa menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa sudah baik. Ketiga, siswa menunjukkan respon yang positif terhadap pelaksanaan wholesome scattering game. Kesimpulannya, wholesome scattering game dapat digunakan untuk mengajar menulis teks deskriptif kepada siswa dikelas tujuh. Game ini berfungsi untuk membantu siswa menulis teks deskriptif.
Kata kunci: Wholesome Scattering Game, menulis, teks deskriptif, respon siswa
Abstract
Writing is one of the skills that have to be learnt by the English learners since the aim of teaching English in Indonesia is to make learners communicate well whether in spoken or written. The habitual of teaching writing which only focuses on the theory and the grammar does not help learners to write well. The teacher should guide the learners in the process of writing in order to make them easier to write. One of the ways to guide the learners in the process of writing also motivate them in learning English is by using wholesome scattering game. It is game in which learners are given some keywords from a text, they should arrange those keywords in unusual or weird shape, and they should make sentences to create a good text from those keywords. The sentences should be as close as possible with the text that the teacher has. This research is a descriptive qualitative research. The subjects of this research are the seventh graders of SMP Sunan Giri Menganti, Gresik. The instruments used to gain the data are field note, audio or video transcript, interview guide lines and learners’ writing task result. There are three points that can be seen in the result of this research. First is the implementation of wholesome scattering game as a technique to teach descriptive writing run well. Second, the learners’ writing task result showed that the learners’ writing ability was good enough. Third, the learners showed a positive response toward the implementation of wholesome scattering game. In conclusion, wholesome scattering game can be used to teach writing descriptive text for the seventh graders. It is useful to help the learners in writing descriptive text.
Keywords: Wholesome Scattering Game, writing, descriptive text, learners’ response

Published
2015-07-23
How to Cite
NISA, K. (2015). WHOLESOME SCATTERING GAME AS A TECHNIQUE FOR TEACHING DESCRIPTIVE WRITING TO THE SEVENTH GRADERS OF SMP SUNAN GIRI MENGANTI, GRESIK. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/12378
Abstract Views: 129
PDF Downloads: 56