THE EFFECT OF USING CO-OP CO-OP TECHNIQUE IN TEACHING WRITING NARRATIVE TEXT TO THE TENTH GRADERS OF SMAN 3 SIDOARJO

  • DIAH RATNAWATI

Abstract

Abstrak Menulis adalah keterampilan produktif untuk menunjukkan pemikiranseseorang melalui kata-kata tertulis. Menulis menjadi keterampilan penting di era globalisasi ini. Dalam dunia modern, bahasa tertulis berperandalam berbagai fungsi kehidupan sehari-hari seperti untuk tindakan, informasi, dan hiburan.Co-op Co-op menempatkan tim dalamkerjasama antara satu sama lain untuk mempelajari topik kelas. Co-op Co-op memungkinkan siswa untuk bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil, pertama untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang diri mereka sendiri dan dunia, dan kemudian memberi mereka kesempatan untuk berbagi pemahaman baru dengan rekan-rekan mereka. DesainpembelajaranCo-op Co-op menyentuh setiap aspek dari proses menulis.Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitianeksperimental kuantitatif. Hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah pengajaran menulis teks naratif dengan menggunakan teknikCo-opCo-opefektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Dengan demikian, peneliti memilih dua kelompok untuk penelitian ini; mereka adalahkelompok eksperimental dan kontrol. Populasi yang dipilih adalah semua siswa kelas X di SMAN 3 Sidoarjo. X-1 sebagai kelompok eksperimental dan X-5 sebagai kelompok kontrol. Kedua kelompok diberi pre-test dan post-test. Skor dari pre-test dan post-testdigunakan untuk mengumpulkan data. Dari data, peneliti membuat perhitungan statistik dengan menggunakan t-test dan analisis untuk menjawab pertanyaan penelitian. Dari hasil perhitungan t-test, nilait- adalah 3.37, sedangkan t-tabel adalah 2.00 di tingkat signifikan .05 dengan derajat kebebasan 58. Selain itu, perhitungan t-test juga dilakukan di masing-masing komponen menulis. Nilait- untuk konten adalah 3.26, organisasi adalah 3.27, kosakata adalah 3.62, penggunaan bahasa adalah -0.16 dan mekanik adalah 1.05. Selanjutnya, hasilnya menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam hal konten, organisasi, dan kosa kata antara siswa yang diajar menulis teks naratif dengan menggunakan teknik Co-op Co-op dan mereka yang tidak. Di sisi lain, tidak ada perbedaan dalam hal penggunaan bahasa dan mekanik antara siswa yang diajar dengan menggunakan teknik Co-op Co-op dan mereka yang tidak. Kata Kunci: Co-op Co-op Technique, writing, dan narrative text. Abstract Writing, one of the means of language communication, is used most widely in people's daily lives. Writing becomes an essential skill in this globalization era. In the modern world, written language serves a range of functions in everyday life such as for action, information, and entertainment.Co-op Co-op places teams in cooperation with one another to study a class topic. Co-op Co-op allows students to work together in small groups, first to advance their understanding of themselves and the world, and then provide them with the opportunity to share that new understanding with their peers. The Co-op Co-op lesson design touches every aspect of the writing process.In conducting this study, the researcher used an Experimental Quantitative Research design. It was done to find out whether teaching writing narrative text by using Co-op Co-op technique was effective to improve students’ writing ability. Thus, the researcher chose two groups for this research; they were experimental and control groups. The population chosen was all of the tenth graders in SMAN 3 Sidoarjo. The samples were X-1 as the experimental group and X-5 as the control group. Both groups were given pre-test and post-test. The scores from pre-test and post-test were used to collect the data. From the data, the researcher made statistical calculation by using t-test and analysis to answer research questions. From the t-test calculation, the t-value was 3.37, while the t-table was 2.00 in .05 level of significant with the degree of freedom 58. Moreover, the t-test calculation was also conducted in each writing component. The t-value for content was 3.26, organization was 3.27, vocabulary was 3.62, language use was -0.16 and for mechanics was 1.05. Furthermore, the result shows that there is significant improvement in the terms of content, organization, and vocabulary between the students who are taught writing narrative text by using Co-op Co-op technique and those who are not. On the other side, there is no difference in terms of language use and mechanics scores between the students who are taught by using Co-op Co-op technique and those who are not. Key Words: Co-op Co-op Technique, writing, and narrative text.
Published
2015-07-27
How to Cite
RATNAWATI, D. (2015). THE EFFECT OF USING CO-OP CO-OP TECHNIQUE IN TEACHING WRITING NARRATIVE TEXT TO THE TENTH GRADERS OF SMAN 3 SIDOARJO. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/12391
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 22