THE USE OF ““FLIPPING CLASSROOM”” FOR TEACHING STORY TELLING TO THE TENTH GRADERS

  • DEWI SURYANI AGUSTIN

Abstract

Abstrak Fakta bahwa pelajar di Indonesia tidak bisa menggunakan bahasa inggris dengan lancar dan akurat menuntut para pengajar di Indonesia untuk mencari metode pembelajaran yang tepat yang dapat menolong siswa sehingga mereka dapat berbicara bahasa inggris dengan lancar dan akirat. Penelitian ini menggambarkan penggunaan “flipping classroom” sebagai metode yang sesuai untuk mengajar story telling. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menggambarkan bagaimana guru menerapkan “flipping classroom” dalam pengajaran storytelling, dan (2) menggambarkan bagaimana kemampuan siswa selama penerapan “flipping classroom”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas MIA 2 SMA Wachid Hasyim 2 Sepanjang. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data melalui pengamatan dan transkrip tugas siswa. Pengamatan dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui bagaimana implementasi “flipping classroom” dalam pengajaran story telling pada siswa. Sedangkan transkrip tugas siswa digunakan untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa saat diajar menggunakan “flipping classroom”. Hasil pengamatan yang dilakukan peneliti kurang memuaskan dikarenakan jumlah siswa yang menonton video pembelajaran di rumah sangat sedikit bila dibandingkan dengan jumlah total siswa di dalam kelas. Penyebab dari kurang respon yang diberikan siswa adalah kebiasaan siswa yang tidak mengulang apa yang dipelajari disekolah pada hari itu sesampainya mereka dirumah. hal ini menyebabkan tidak tercapainya tujuan pengajaran menggunakan “flipping classroom” secara maksimal. Sedangkan untuk kemampuan siswa dalam berbicara bahasa inggris dapat dilihat bahwa terlepas dari kurangnya respon siswa saat proses pembelajaran berlangsung, kemampuan berbicara mereka dapat dikatan cukup bagus. Walupun masih banyak diantara mereka yang masih perlu untuk diperbaiki. Selanjutnya peneliti menganjurkan agar “flipping classroom” untuk terus diterapkan dalam pengajaran bahasa inggris sehingga dapat membangun kebiasaan siswa untuk mengulang apa yang mereka pelajari disekolah di rumah. Kata kunci: “flipping classroom”, kemampuan berbicara, storytelling Abstract The fact that Indonesian students are unable to speak English fluently and accurately even though they have already learned English for more than 5 years demands the teacher to find a suitable method in order to help the students to be able to speak English fluently and accurately. This study describes the implementation of “flipping classroom” as a suitable method in teaching storytelling. The objectives of this study are: (1) describing the implementation of “flipping classroom” in teaching storytelling, and (2) describing the student’s ability while being taught using “flipping classroom”. Descriptive qualitative was used as the design of this research. The subject of this study was the tenth graders, MIA 2, of SMA Wachid Hasyim 2 Sepanjang Sidoarjo. In this research, the researcher collected the data through observation and students’ speaking task. The observation was conducted since the researcher wanted to know the implementation of “flipping classroom” to teach speaking of narrative texts. While the students task was used to know their ability while being taught using “flipping classroom”. The result of the observation was not very satisfying. The number of those who watched the materials given was very small compared to the total number of students. The reason of this lack of response was, believed, that they have no habit of learning at home. This makes the goal of “flipping classroom” fail to reach. As for the student’s speaking ability, it could be seen that it was in a good level meaning no much hesitation while speaking, had almost accurate pronunciation, few mistakes on grammar, good organization and good expression. However, some of the students still had unsatisfactory the fluency, pronunciation, and grammatical mastery. Key Words: “flipping classroom”, Speaking Ability, Storytelling
Published
2015-08-07
How to Cite
SURYANI AGUSTIN, D. (2015). THE USE OF ““FLIPPING CLASSROOM”” FOR TEACHING STORY TELLING TO THE TENTH GRADERS. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/12663
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 137