THE USE OF MIME IN THE WRITTEN FORM OF STATING IN PROGRESS EVENTS

  • LISA JUNIESTY ANGGRAINI

Abstract

Abstrak Dalam dunia pendidikan, Bahasa Inggris mempunyai empat aspek bahasa yang terdiri dari mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Untuk para siswa, aspek bahasa yang paling susah adalah menulis. Banyak siswa yang merasa bingung untuk memilih tenses yang tepat karena dalam cara lama mengajar, guru mengajar bagaimana menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung dengan menjelaskan grammarnya secara langsung. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menyarankan untuk menggunakan video pantomime karena itu dapat membantu siswa untuk membayangkan aktivitas orang dengan cara yang lebih nyata. Penelitian ini adalah penelitian descriptif kualitatif karena data diambil selama pengaplikasian mime video. Alat penelitian adalah lembar pengamatan, wawancara dan tulisan siswa sedangkan subject penelitian adalah murid murid kelas 8A SMPN 1 Semanding, Tuban. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video pantomim telah berhasil diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar. Itu dapat di ketahui dari respon siswa selama penerapan. Para siswa tertarik pada video. Terlebih lagi, video pantomim dapat menjadi media yang sangat bagus untuk mendorong kemampuan siswa dalam menulis. Para siswa dapat membedakan tenses yang seharusnya mereka gunakan untuk menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung dan mereka mendapatkan pemahaman yang lebih baik dalam menyusun kalimat yang bagus. Disarankan bahwa media dapat memotivasi murid dalam menulis. Guru diharapkan dapat lebih mengembangkan media untuk topic dan aspek bahasa yang lain. Kata kunci: menulis,pantomim, aktivitas yang sedang berlangsung Abstract In the academic background, English has four language skills which cover listening, speaking, reading and writing. For students, the most difficult aspect of English is writing. Many students still confuse in choosing the proper tense because in the old way of teaching, teachers teach how to state event in progress by explaining the grammar directly. To overcome the problem researcher suggested using mime video because it can help student to imagine people’s activity in a more concrete way. It is a descriptive qualitative research because the data were taken during the implementation. The research instruments were observation sheet, interview, and students’ writing tasks while the subjects are 8A students of SMPN 1 Semanding, Tuban. The results showed that Mime is implemented successfully in teaching writing. It can be seen from the students’ responses during the implementation. Students were attracted to the video. Moreover, mime video can become an excellent media to boost student writing ability. Students are able to differentiate the tenses they should use in stating progress events furthermore they have better comprehension in composing good sentences. It is suggested that the media would motivate student in writing. Teacher are hoped to be able to develop the media for another topic and skill as well. Key words: writing, mime, progress events
Published
2015-08-07
How to Cite
JUNIESTY ANGGRAINI, L. (2015). THE USE OF MIME IN THE WRITTEN FORM OF STATING IN PROGRESS EVENTS. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/12664
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 8