THE USE OF DESCRIPTIVE VIDEO TO TEACH WRITING DESCRIPTIVE TEXT FOR SEVENTH GRADERS

  • DELLA PRASTIKA SARI

Abstract

Abstrak Telah diketahui bahwa Bahasa Inggris mempunyai empat aspek bahasa seperti mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Untuk siswa, menulis adalah aspek yang dianggap sulit karena keterbatasan kosa kata. Padahal, menurut kurikulum 2013 para murid kelas tujuh harus dapat menghasilkan sebuah teks deskriptif yang baik. Berdasarkan alasan diatas, video deskriptif dapat digunakan sebagai sebuah media untuk mengajar menulis. Media tersebut dapat membantu para siswa untuk memahami teks deskriptif melalui sebuah video singkat tentang orang, binatang dan tempat dengan narasi yang sesuai. Menggunakan video sebagai media membuat para siswa dapat membuat sebuah teks deskriptif yang benar memalui kosa kata yang mereka dapatkan dari video. Skripsi ini disusun dengan format penelitian deskriptif karena data didapatkan dari kegiatan guru selama penerapan video deskriptif. Alat-alat untuk mendapatkannya adalah observasi ceklis, wawancara, dan tugas para siswa. Subjek dari penelitian ini adalah murid murid dari kelas 7-B SMPN 1 Semanding di Tuban. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa video dekskriptif telah sukses diterapkan dan membuat para siswa tertarik. Berdasarkan hasil wawancara, hampir semua siswa mengatakan bahwa video dengan teks film membuat mereka mengetahui banyak kosa kata untuk menyusun teks dekskriptif. Dengan menggunakan video deskriptif, hampir semua siswa menulis teks dekskriptif lebih baik dari sebelumnya. Peneliti menyarankan bahwa para guru harus kreatif dalam mengajar menulis agar para siswa dapat mendorong mereka lebih giat belajar. Kata kunci: pengajaran menulis, teks deskriptif, video deskriptif, kelas tujuh Abstract It is known that English has four language skills which cover listening, speaking, reading and writing. For students, writing is difficult skill to learn because the lack of the vocabulary. Meanwhile, according to the curriculum 2013 seventh graders must be able to produce a good descriptive text. Based on that reason, descriptive video can be used as a media to teach writing. It can help students to understand descriptive text through a short video of people, animals or places with the narration that adjust the video. Moreover, using video as media made the students were able to compose a good writing through the vocabulary they got from the video. It is a descriptive qualitative research because the data was taken from the teacher's activities during the implementation of descriptive video. The instruments were observation checklist, interview and students’ writing tasks. The subjects of this study are students of 7 –B SMP 1 Semanding, Tuban. The results shown that descriptive video was successfully implemented and made the students put all of their interest. Based on the interview, most of the students found that video with English subtitle made them know a lot of vocabularies in order to compose descriptive text. By using descriptive video, most of the students wrote descriptive text better than before. It is suggested that the teacher must be creative in teaching writing so that the students have encouragement to study better. Key words: Teaching writing, descriptive text, descriptive video, seventh grades
Published
2015-08-07
How to Cite
PRASTIKA SARI, D. (2015). THE USE OF DESCRIPTIVE VIDEO TO TEACH WRITING DESCRIPTIVE TEXT FOR SEVENTH GRADERS. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/12665
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 71