AN ANALYSIS OF LEARNING ACTIVITIES AND LEARNING INDICATORS IN CURRICULUM 2013 LESSON PLANS

  • AVRITA AYU KUSUMA WARDANI

Abstract

Abstrak

                Dengan adanya kurikulum baru, yakni Kurikulum 2013, terdapat beberapa perubahan mendasar pada kurikulum saat ini. Salah satu perubahan tersebut ialah konsep kurikulum. Jika dibandingkan dengan KTSP, maka penyusunan kompetensi dasar (KD) diturunkan dari standar kompetensi (SK). Hal ini berbeda dengan Kurikulum 2013 karena istilah SK kini sudah diganti menjadi kompetensi inti (KI). Perumusan inilah yang akhirnya digunakan untuk merumuskan indikator pencapaian kompetensi. Rumusan indikator pencapaian kompetensi itulah yang kemudian digunakan untuk menyusun kegiatan pembelajaran. Peneitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah rumusan kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam RPP sudah sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mengambil 6 guru Bahasa Inggris dari beberapa sekolah yang terjangkau sebagai subjek. Dari keenam subjek itulah lalu didapatkan enam sampel RPP; 3 RPP kelas 7  dan 3 RPP kelas 8. Setelah mengumpulkan RPP, hal yang selanjutnya dilakukan ialah mengumpulkan data melalui checklist dan interview. Untuk mempermudah analisis, data yang telah dikumpulkan diberi kode sebagai berikut LP 7A, LP 7B, LP 7C, LP 8A, LP 8B dan LP 8C. Dari hasil analisis, dapat dikatakan bahwa rumusan kegiatan pembelajaran yang terdapat pada RPP guru tidak berterima. Kegiatan pembelajaran yang dirumuskan tidak sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi, bahkan beberapa perumusan indikator juga tidak relevan dengan KD. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rumusan kegiatan pembelajaran dalam RPP tidak sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.

Kata kunci: kurikulum 2013, RPP, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi 

 

Abstract

There are some substantial differences between KTSP and Curriculum 2013, one of them is the concept of curriculum. In KTSP, base competence (KD) is developed from standard competence (SK), in this curriculum KD is developed from four main competences (KI). The formulation of KD then becomes the focal point to formulate learning indicators which could be used to formulate the learning activities in the classroom. This study was aimed to identify whether the learning activities formulated in the teachers’ lesson plans meet the learning indicators. This study was a descriptive qualitative study. Six English teachers from the accessible school were selected as the subjects, from which 3 lesson plans of 7th grades and 3 lesson plans for the 8th grades were collected. The obtained data were then analyzed by using observation checklist and interview. The data was then labelled them as LP 7A, LP 7, LP 7C, LP 8A, LP 8B, and LP 8C. The results showed that the learning activities were not arranged in such a way that it could help the students to achieve the learning indicators. What has been stated in the learning activities were not in line with the formulated learning indicators. Furthermore, it was found some learning indicators which were not relevant with KD.

Keywords: curriculum 2013, lesson plans, learning activities, learning indicators 

Published
2015-08-14
How to Cite
AYU KUSUMA WARDANI, A. (2015). AN ANALYSIS OF LEARNING ACTIVITIES AND LEARNING INDICATORS IN CURRICULUM 2013 LESSON PLANS. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/12827
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 142