THE USE OF ANIMAL PUPPETS IN TEACHING SPEAKING ON NARRATIVE TEXT TO THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 28 SURABAYA

  • RIZKY MULIANA PRIMADANI

Abstract

Abstrak Berbicara merupakan salah satu bagian penting dari keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa dengan baik. Memahami berbicara perlu dilakukan. Dengan memahami bagian dari berbicara, siswa akan dapat berbicara dengan lancar. Menurut Ladouse (dalam Nunan, 1991: 23) berbicara digambarkan sebagai aktivitas untuk mengekspresikan diri dalam situasi, untuk melaporkan tindakan, situasi untuk kata-kata yang tepat dan kemampuan untuk berkomunikasi atau untuk mengekspresikan urutan ide lancar. Ini berarti bahwa berbicara adalah apa yang Anda katakan, apa yang Anda lihat, rasakan dan pikirkan. Sementara itu, biasanya guru jarang menggunakan media untuk siswa untuk berbicara dengan penuh percaya diri, sehingga kebanyakan dari mereka tidak dapat berbicara dengan lancar. Untuk menghindari hal ini, guru harus menggunakan media berbicara dalam rangka mendorong siswa untuk berbicara dan mengekspresikan perasaan mereka, yaitu Animal Puppets. Animal puppets adalah seperangkat boneka tangan tentang binatang karakter untuk mempromosikan kemampuan bahasa lisan dan kepercayaan berbicara di depan umum. Boneka tangan adalah sarana yang sangat efektif dan dinamis kreatif mengeksplorasi kekayaan komunikasi interpersonal (Sinclair: 1995: 67). Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan pelaksanaan animal Puppets media dalam pengajaran berbicara narasi (dongeng) teks, melihat respon murid untuk pelaksanaan Animal Puppets dalam mengajar berbicara teks naratif (dongeng), teks naratif (dongeng) siswa digunakan setelah pelaksanaan Animal Puppets media dalam pengajaran berbicara teks naratif (dongeng). Peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dalam melakukan studinya. Siswa kelas delapan SMPN 28 Surabaya adalah subyek pengamatan nya. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adalah lembar observasi, catatan lapangan, angket, dan kinerja siswa yang digunakan untuk mendapatkan data dari pelaksanaan Animal Puppets dalam pengajaran berbicara teks naratif. Namun, peneliti juga ingin mengetahui 'hasil dalam berbicara teks naratif menggunakan Animal Puppets media melalui hasil kinerja siswa. Setelah mengumpulkan data, peneliti menganalisis nya. Berdasarkan pengamatan peneliti, ia menemukan bahwa guru melaksanakan media Animal Puppets media dengan tepat. Selain itu, melalui media ini, para siswa dapat menangkap aktivitas berbicara mereka. Animal Puppets adalah salah satu media yang tepat karena siswa merasa senang dan menikmati aktivitas berbicara. Selanjutnya, dengan menggunakan Animal Puppets dalam mengajar berbicara teks naratif, siswa bisa berbicara teks naratif dengan benar. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil kinerja siswa. Berdasarkan penjelasan di atas, peneliti membuat kesimpulan bahwa pelaksanaan Animal Puppets dalam teks naratif dalam pembelajaran adalah media yang tepat dalam mengajar dan berbicara belajar. Karena berdasarkan hasil siswa, bahwa siswa dapat berbicara teks naratif benar. Akhirnya, diharapkan finishing penelitian ini akan berguna untuk guru bahasa Inggris dan peneliti lainnya Kata kunci : Berbicara, Animal Puppets, Narrative text Abstract Speaking is one of essential part of skills that should be well mastered by students. Understanding parts of speaking is needed. By understanding the parts of speaking, students will be able to speak fluently. According to Ladouse (in Nunan, 1991: 23) speaking is described as the activity to express oneself in the situation, to report acts, situation in precise words and the ability to converse or to express a sequence of ideas fluently. It means that speaking is what you say to what you see, feel and think. Meanwhile, usually teacher rarely used media to the students to speak confidently, so that most of them are not able to speak fluently. To avoid this, the teacher should use media of speaking in order to encourage the students to speak up and express their feeling, namely Animal Puppets. Animal puppets is a set of puppets about animals character to promote oral language skills and confidence in public speaking. Puppet is a highly effective and dynamically creative means of exploring the richness of interpersonal communication (Sinclair: 1995:67). This study is conducted to describe the implementation of Animal Puppets as media in teaching speaking narrative (fable) texts, the students’responses toward the implementation of Animal Puppets in teaching speaking narrative (fable) texts, the students’ narrative (fable) speaking performance after the implementation of Animal Puppets media in teaching speaking narrative (fable) texts. The researcher used descriptive qualitative research in doing her study. The eighth graders of SMPN 28 Surabaya are the subjects of her observation. The data collection techniques used for this research are observation checklist, field note, questionnaire, and students’ performance which were used to obtain the data of the implementation of Animal Puppets in teaching speaking narrative text. However, the researcher also wants to know the students’ result in speaking narrative text using Animal Puppets media through the students’ performance result. After collecting the data, the researcher analyzed them. Based on the researchers’ observation, she found that the teacher implemented Animal Puppets media appropriately. Besides, through this media, the students are able to catch their speaking activity. Animal Puppets are appropriate one because the students felt fun and enjoyed in speaking activity. Furthermore, by doing Animal Puppets in teaching speaking narrative text, the students could speak narrative text properly. It can be proved by seeing the students’ performance result. Based on the explanation above, the researcher makes conclusion that the implementation of Animal Puppets in teaching speaking narrative text was an appropriate media in teaching and learning speaking. Because based on the students result, that the students are able to speak narrative text properly. Finally, it is expected that the finishing of this study will be useful for English teacher and the other researcher. Keywords : Speaking, Animal Puppets, Narrative Text
Published
2015-08-17
How to Cite
MULIANA PRIMADANI, R. (2015). THE USE OF ANIMAL PUPPETS IN TEACHING SPEAKING ON NARRATIVE TEXT TO THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 28 SURABAYA. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/12850
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 996