THE IMPLEMENTATION OF CHAIN STORY IN TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXTS TO THE EIGHTH GRADERS OF SMPK ANGELUS CUSTOS II SURABAYA

  • ANGELICA CUSTIDIANA K.

Abstract

Abstrak Pada saat pengajaran menulis, siswa menganggap bahwa pembelajarannya sangat monoton. Di sini, guru juga tidak mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan sehingga siswa tidak akan termotivasi untuk menulis bahasa Inggris. Banyak siswa tidak bisa menulis awal kalimat, tetapi juga tidak bisa menulis dengan benar. Murid - murid di Indonesia tidak mudah menemukan kesamaan antara belajar bahasa Inggris dan bahasa ibu mereka (Scott, 1990). Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dia menyelidiki pelaksanaan teknik Chain story dalam mengajar menulis teks deskriptif untuk murid - murid kelas delapan. Dalam penelitian ini, peneliti memilih bahan dengan menggambarkan orang dalam pengajaran menulis untuk murid kelas delapan. Penelitian ini menjelaskan pelaksanaan Chain Story dalam mengajar menulis teks deskriptif dan tanggapannya. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menyelesaikan studi. Subyek penelitian ini adalah murid kelas delapan di SMPK Angelus Custos II Surabaya. Data penelitian diambil tiga kali, yaitu pertemuan pertama dan kedua digunakan untuk mengamati pelaksanaan dengan menggunakan pengamatan checklist sementara hasil tanggapan yang diambil dalam pertemuan ketiga dengan menggunakan kuesioner. Dalam penerapan penelitian ini, peneliti mengamati kegiatan belajar mengajar di kelas. Kemudian peneliti memeriksa hasil kuesioner yang telah dijawab oleh siswa dan mengelompokkan mereka menjadi tiga bagian utama dari setiap pertanyaan. Dari hasil penelitian yang ada, dapat disimpulkan bahwa guru dapat membuat kegiatan belajar dan mengajar di tiga tahap, kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Guru juga membawa teknik narasi berseri yang konsisten dengan teori yang ada. Siswa dapat menggunakan teknik Chain story ini dengan baik dan menemukan ide sesuai dengan imajinasi dan mengikuti gambar yang ada. Selain itu, banyak siswa yang sangat tertarik dan senang dengan penggunaan teknik dalam penulisan cerita serial deskripsi. Hal ini dapat dilihat dari kuesioner yang mereka jawab. Pada akhirnya, teknik ini dapat digunakan sebagai teknik dalam belajar bahasa Inggris berikutnya, terutama dalam menulis teks deskriptif. Kata Kunci: “Teknik Chain Story, Pengajaran menulis, Teks Deskripsi.” Abstract At the time of teaching writing, the students considered that the lessons are very monotonous. Here, teachers are also not able to create a pleasant classroom atmosphere so that the students will not be motivated to write English. Many students could not only write the beginning of sentences but also could not write correctly. The Indonesian students do not easily find similarities between learning English and their mother tongue (Scott, 1990). Therefore, the researcher tried to resolve the issue. She investigated the implementation of Chain Story techniques in teaching writing descriptive text to the eighth graders. In this study, the researcher selected the material with describing people in the teaching of writing to the eighth graders. This study explained the implementation of Chain Story in teaching writing descriptive texts and its responses. The researcher used a descriptive qualitative approach to complete the study. The subjects of this study are the eighth graders at SMPK Angelus Custos II Surabaya. The research data was taken three times, namely the first and second meeting were used to observe the implementation by using observation checklist while the responses results were taken in the third meeting by using a questionnaire. In the application of this study the researcher observed the teaching and learning activities in the classroom. Then the researcher examined the results of questionnaire which had been answered by the students and clustered them into three major parts of each questions. From the existing research results, it can be concluded that the teachers can make learning and teaching activities in three stages, pre activity, whilst activity, and post activity. Teachers also carry a serial narrative technique is consistent with existing theory. Students can use this chain story technique well and found the idea according to the imagination and follow the existing picture. In addition, many students are very interested and fun with the use of the technique in the serial story writing text description. It can be seen from the questionnaires they answered. In the end, this serial story technique can be used as a technique in learning English next, especially in writing the descriptive text. Keywords: “Chain story technique, Teaching Writing, Descriptive text.”
Published
2015-08-17
How to Cite
CUSTIDIANA K., A. (2015). THE IMPLEMENTATION OF CHAIN STORY IN TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXTS TO THE EIGHTH GRADERS OF SMPK ANGELUS CUSTOS II SURABAYA. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/12852
Abstract Views: 149
PDF Downloads: 90