THE IMPLEMENTATION OF TRANSACTIONALSTRATEGY INSTRUCTION FOR TEACHING READING COMPREHENSION NARRATIVE TEXT IN SMPN 2 MENGANTI

  • AMALIA KURNIATUL JAUHAROH

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan studi pendahuluan di SMPN 2 MENGANTI yang mana menujukan bahwa siswa mengalami kesulitan di dalam reading comprehension. Bahkan, skor yang diperoleh oleh siswa sangat rendah. Rata-rata yang diperoleh dari pretest adalah 59,6 sedangkan kkm untuk pelajaran bahasa inggris adalah 75. Ini berarti bahwa siswa tidak bisa mencapai standar minimum sekolah.Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 MENGANTI. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks narasi dengan menggunakan strategi TSI di kelas sembilan. Desain penelitian ini adalah tindakan kelas. Peneliti didampingi oleh mitraguru . penelitian ini dilakukan satu siklus yang dibagi dalam empat tahap utama yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa strategi ini efektif untuk digunakan dalam mengajar pelajaran reading comprehension untuk kelas sembilan di SMPN 2 menganti. Rata-rata nilai siswa dalam pretest adalah 59,6 dan mengalami peningkatan pada post test yang mana rata-rata siswa 80,6.Sesuai dengan hasil dari penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi TSI dapat meningkatan reading comprehension siswa, karena strategi ini dapat membuat siswa menikmati pelajaran membaca, sehingga siswa dapat memahami dan menjawab pertanyaan dengan baik. Hal ini ditunjukan pada hasil dari skor siswa yang mengalami kenaikan dan dapat melampaui batas kkm. Hal ini menjelaskan bahwa strategi ini dapat memecahkan masalah siswa dalam pelajaran membaca dalam teks narasi. Dari hasil peneltian tersebut dapat disarankan untuk guru dapat menggunakan strategi ini dalam mengajar pelajaran membaca dan untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan strategi ini untuk meneliti didalam jenis teks lainnya dan jenjang kelas yang berbeda. .Abstract This study was conducted based on the preliminary study in SMP N 2 MENGANTI – Gresik which showed that the student had difficulty in reading comprehension. In fact, the students’s score was low. The average score obtained from pretest was 59,6 and the passing grade (KKM) for English lesson was 75. It means that the student could not achieve the standart minimum of the school. This study was conducted in SMP N 2 MENGANTI. This study aimed to improve Reading comprehension in narrative text by using TSI strategy at ninth grader’s . the design of this study was classroom action research. The researcher was accompanied by teacher partner. This research was conducted in one cycle which was divided in four main stages such as ; planning, acting, observing and reflecting. The reaserch finding showed that this strategy was effective to teach reading comprehension for ninth grader’s at smp n 2 menganti. The student’ average score in prre test was 59,6 and the score improved in post test with the student’ average score in post test was 80,6. Based on the research findings, it could be conclude that TSI strategy could improve student’ reading comprehension, because this strategy can made students enjoy in reading, so that the students could understand the text and they could the answer well. It was proved by the result of the test that the researcher did in this study which showed that the students’ score increased until reaching the passing grade. It mean that the strategy could solve classroom problem in reading narrative text. Based on research findings, two sugestion provided. The first, the English teacher is recommended to use TSI as a effective method in teaching reading narrative text. The second, the next researcher who wants to conduct a research using TSI are recommended to conduct this research in different areas and levels.
Published
2015-08-20
How to Cite
KURNIATUL JAUHAROH, A. (2015). THE IMPLEMENTATION OF TRANSACTIONALSTRATEGY INSTRUCTION FOR TEACHING READING COMPREHENSION NARRATIVE TEXT IN SMPN 2 MENGANTI. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/12925
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 12