THE EFFECTIVENESS OF USING SEMANTIC MAPPING STRATEGY TO TEACH READING ANALYTICAL EXPOSITION TEXTS TO THE ELEVENTH GRADERS OF CENDEKIA SENIOR HIGH SCHOOL SIDOARJO

  • INAS TWINDA PUSPITA

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dari penggunaan strategi semantic mapping pada kemampuan membaca teks eksposisi analitis siswa-siswa kelas sebelas SMA Cendekia Sidoarjo. Penelitian ini merupakan eksperimental dimana dua kelompok telah dipilih terlebih dahulu secara acak, yaitu kelompok kontrol dan eksperimental. Pada awal penelitian, mereka diberikan tes membaca yang berfungsi sebagai pre-test pada kedua kelompok untuk mengetahui kemampuan membaca teks eksposisi analitis sebelum peneliti memberikan perlakuan khusus. Selanjutnya, strategi semantic mapping diterapkan pada proses pembelajaran membaca teks eksposisi analitis untuk kelompok eksperimental, sedangkan pada kelompok kontrol diajar dengan tanpa strategi semantic mapping. Setelah memberikan perlakuan khusus, peneliti melaksanakan post-test pada kedua kelompok. Sebuah analisis t-test pada SPSS 20.00 digunakan untuk menganalisa hasil pre-tes dan post-tes dari kelompok kontrol dan eksperimental. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaktifan dari peripheral learning strategy memiliki efek yang signifikan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif siswa, (P
Published
2015-08-22
How to Cite
TWINDA PUSPITA, I. (2015). THE EFFECTIVENESS OF USING SEMANTIC MAPPING STRATEGY TO TEACH READING ANALYTICAL EXPOSITION TEXTS TO THE ELEVENTH GRADERS OF CENDEKIA SENIOR HIGH SCHOOL SIDOARJO. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/13038
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 61