THE IMPLEMENTATION OF THINK-TALK-WRITE STRATEGY TO TEACH WRITING DESCRIPTIVE TEXT TO THE SEVENTH GRADERS OF SMPN 7 SURABAYA

  • DARSIM GOFISNOVEGA

Abstract

 Abstrak

Menulis sangatlah penting untuk dikuasai dikarenakan banyak fungsinya yang didapat dalam kehidupan sehari-hari. Namun, menulis adalah pekerjaan yang sulit dan membosankan untuk pelajar terutama pemula. Faktanya, pemula seringkali kurang menguasai kosakata serta unsur kebahasaan akan suatu teks komposisi. Mereka sering membuat error dalam pendeskripsian obyek. Hal ini dikarenakan, mereka mempunyai pemahaman yang kurang tentang mengekspresikan ide mereka kedalam Bahasa Inggris. Maka dari itu, Think-Talk-Write (TTW) digunakan untuk mengatasi masalah diatas. Strategi TTW dipilih karena sejalan dengan proses menulis yang dikemukakan oleh pakar. Terlebih lagi, kegiatan dalam strategi TTW dapat membantu siswa dalam pembelajaran menulis teks deskripsi. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahui implementasi dari strategi TTW dalam pembelajaran menulis teks deskripsi untuk murid kelas tujuh dan respons dari siswa mengnai pembelajaran menulis menggunakan strategi ini. Catatan lapangan dan kuesioner digunakan untuk mendeskripsikan implementasi strategi TTW serta untuk mendapatkan respon dari siswa terkait pengimplementasian strategi TTW. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi TTW adalah strategi yang tepat dalam membantu siswa untuk mempraktekkan serta meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis teks deskripsi setelah melakukan kegiatan kegiatan yang disungkan dlam implementasi dari strategi TTW. Strategi ini juga mendorong memotivasi siswa untuk mengembangkan, berbagi, membetulkan serta mengedit gagasan-gagasan siswa  sebelum menuangkannya kedalam produk akhir dari teks komposisi deskripsi mereka.

Kata kunci: Strategi Think-Talk-Write, Mengajar menulis, teks deskripsi

 

Abstract

Writing is important to be mastered since it brings a lot of benefit in daily life. However, writing is difficult and boring activity for learners especially beginners. It is a common fact that they often lack vocabulary and have a low mastery of composition text knowledge, i.e. descriptive text. They often made errors in describing an object because they still have misconception in translating their ideas into English form. Therefore, Think-Talk-Write (TTW) strategy used to overcome those problem above, seeing that it is in line with the process of writing. Moreover, the activities in TTW strategy could assist the students in creating composition text such as descriptive text.  Thus, the researcher would like to know the implementation of TTW strategy to teach writing descriptive 

text to the seventh graders and their responses toward the implementation of TTW strategy. Field notes and questionnaire are used to describe the implementation of TTW strategy and to gain the students’ responses toward their learning of writing descriptive text assisted by TTW strategy. The result of this study was TTW strategy is appropriate strategy to assist the students in practicing and improving their writing ability by doing the activities suggested by the experts. It also encourages and motivates the students to develop, share, revise, and edit their ideas before they make the final product of writing

Keywords: Think-Talk-Write Strategy, Teaching writing, Descriptive text

Published
2015-08-27
How to Cite
GOFISNOVEGA, D. (2015). THE IMPLEMENTATION OF THINK-TALK-WRITE STRATEGY TO TEACH WRITING DESCRIPTIVE TEXT TO THE SEVENTH GRADERS OF SMPN 7 SURABAYA. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/13179
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 35