THE STUDY OF DEIXIS USED IN DESCRIPTIVE WRITING MADE BY SEVENTH GRADERS IN SMP NEGERI 3 GRESIK

  • NOOR MASNUNA WIDDA M

Abstract

Abstrak Menulis adalah salah satu alat komunikasi dalam menggunakan bahasa dalam bentuk tulis. Melalui tulisan, siswa dapat mengkomunikasikan ide, pemikiran dan perasaan mereka kepada pembaca. Kemudian, Meyer (2014: 8) mengatakan bahwa makna adalah inti dari komunikasi. Jadi, siswa dapat menyalurkan idenya untuk membangun komunikasi ketika makna disampaikan sesuai konteks dan secara tepat. Deixis adalah salah satu cabang dari ilmu pragmatic dan salah satu komponen menulis yang harus diperhatikan oleh siswa untuk mengkomunikasikan makna dalam tulisannya. Deixis adalah sebuah kata yang mempunyai fungsi untuk mengarahkan dan menunjuk kata sesuai konteksnya agar mempunyai makna. Ada lima jenis dalam deixis, yaitu person deixis, spatial deixis, temporal deixis, social deixis and discourse deixis. Bagaimana penggunaan deixis dengan tepat harus diperkenalkan di tingkat pertama siswa belajar bahasa Inggris di pendidikan formal. Jadi, skripsi ini memilih menganalisa penggunaan deixis di tulisan descriptive yang ditulis oleh siswa kelas tujuh yang merupakan pemula dalam belajar bahasa Inggris di pendidikan formal (Bestiana, 2014: 3) di SMP Negeri 3 Gresik Data penelitian diambil melalui menganalisa dokumen yang merupakantulisan deskriptif yang dibuat oleh siswa kelas tujuh dan tabel. Berdasarkan hasil penelitian, itu dapat terlihat bahwa siswa kelas tujuh telah menggunakan deixis dengan tepat dalam menulis deskriptif teks. Itu didukung oleh persentase dari penggunaan deixis secara tepat sebesar 91% dan penggunaan deixis secara kurang tepat sebesar 9%. Kata kunci : Menulis, Makna, Teks Deskriptif, Deixis Abstract Writing is a communication tool of language in written form. Through the final product of writing, students can communicate their ideas, thoughts, and feelings to the reader. Then, Meyer (2009: 8) says that meaning is the core of human communication. Therefore, students can transfer their ideas to create communication when meaning is delivered contextually and efficiently. Deixis is one of the branches in pragmatics and one of the writing components that has to be noticed by the students to communicate the meaning in writing. Deixis is a word that functions to refer and to point word contextually in order to have meaning. There are five types of deixis; those are person deixis, spatial deixis, temporal deixis, social deixis and discourse deixis. The appropriate use of deixis must be introduced in the first stage of learning English in formal education. Thus, the researcher chose to analyze the use of deixis in descriptive writing made by seventh graders who are beginner in learning English in formal education (Bestiana, 2014: 3) in SMP Negeri 3 Gresik. Data of the study was collected by analyzing students‟ descriptive writing. Based on the result, it showed that seventh graders had been been able to use deixis appropriately in composing descriptive writing. It was supported by the percentage of the data collection which was 91% deixis word used correctly and 9% deixis word used incorrectly. Keywords: Writing Skill, Meaning, Descriptive Text, Deixis THE STUDY OF DEIXIS USED IN DESCRIPTIVE WRITING MADE BY SEVENTH GRADER

Published
2015-08-28
How to Cite
MASNUNA WIDDA M, N. (2015). THE STUDY OF DEIXIS USED IN DESCRIPTIVE WRITING MADE BY SEVENTH GRADERS IN SMP NEGERI 3 GRESIK. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/13205
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 229