THE USE OF TEENS REACT VIDEO TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY

  • APRILIA HARRYSMA D

Abstract

Abstrak Skripsi ini membahas tentang perbedaan antara kemampuan berbicara murid yang diajar dengan menggunakan “teens react” video dengan yang tidak. Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan: Apakah ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berbicara murid yang diajar dengan menggunakan “teens react” video dengan yang tidak? Bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat penting di dunia. Ada tiga kegunaan bahasa inggris, yaitu Bahasa Inggris sebagai bahasa asli, Bahsa Inggris sebagai bahasa kedua, dan Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Di Indonesia sendiri, para guru masih mendominasi kelas berbicara Bahasa Inggris. Ini menjadikan murid tidak punya kesempatan untuk mengembangkan ide dan pemikiran mereka dalam bebrbicara maupun menulis. Berdasarkan fakta itu, video adalah salah satu media yang penting digunakan dalam proses belajar mengajar. Salah satunya adalah “teens react” video yang dapat digunakan untuk belajar karena didalamnya terdapat topik-topik yang menarik sesuai usia murid. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti menggunakan kelompok populasi acak. Ada empat data yang diperlukan; pre-test, post-test, standar deviasi, dan skor berbicara siswa. Untuk menganalisa validasi, peneliti membandingkan antara jenis tes dangan rencana pelaksanaan pembelajaran. Untuk menganalisa reliabilitas, peneliti membandingkannya dari dua penguji. Dari analisa yang diperoleh, hasilnya menunjukkan bahwa di akhir post-test; (1) mempunyai validasi yang tinggi karena diambil berdasarkan RPP, (2) mempunyai kelayakan reliabilitas karena terdapat perbedaan yang signifikan, (3) mempunyai tingkat kesulitan yang rendah karena digunakan untuk murid SMP dan peneliti menggunakan topik yang sesuai untuk murid SMP. Kata Kunci: kemampuan berbicara, mengajar berbicara, video, teens react video Abstract This thesis discusses about the significant difference of students’ ability in speaking that taught using teens react video and who have not. This thesis is conducted to answer the following research questions: Is there any significant difference in speaking ability between the students who have been taught speaking using “teens react” video and those who have not? English is one of the most important languages in the world. There are three uses of English, English as a native, as a second, and as a foreign language. In indonesia, the teachers still dominate the classroom. It makes the students unable to explore their ideas both in speaking and writing. In fact, video is a media that can be utilized in teaching and learning process. Teens react video is one of appropriate video because it has an interesting topic to discuss. This research under the quantitative approach and the sample of which was taken using cluster random sampling. There were four data needed; pre-test, post-test, standard deviation, and students’ scores in speaking. To analyze the content validity, the researcher compared the test items with the curriculum content. The researcher tried to compare the scores from two raters to analyze the reliability. The result showed that the post-test; (1) has high content validity because the test covers from the teacher’s curriculum content, (2) has moderate reliability because it has significant difference, (3) has low level for index of difficulty. Keyword: speaking ability, teaching speaking, video, teens react video
Published
2016-01-21
How to Cite
HARRYSMA D, A. (2016). THE USE OF TEENS REACT VIDEO TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/13922
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 97