THE CORRELATION BETWEEN BELIEF AND STUDENTS’ LANGUAGE LEARNING STRATEGIES AT ENGLISH DEPARTMENT OF UNESA

  • PRIDARMANSA ANITA H. Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan untuk menginformasikan strategi yang sering digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. Selain itu juga untuk membuktikan ada tidaknya hubungan antara kepercayaan dan strategi belajar bahasa. Subyek penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris yang menempuh kelas Literal Reading pada semester genap tahun ajaran 2015/2016., Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya. Data diambil dari survey kuesioner. Kuestioner yang digunakan adalah kuestioner SILL versi 7.0 dan Kuestioner BALLI versi 2.0. Studi ini menyajikan informasi bahwa mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris semester 2 lebih sering menggunakan metacognitive dan affective strategies untuk digunakan dibandingkan dengan strategi yang lainnya. Sedangkan memory strategy adalah strategi yang paling jarang digunakan oleh mahasiswa. Penelitian itu juga memberikan informasi bahwa ada hubungan antara hasil kuesioner BALLI dan SILL sesuai dengan yang tertera dihasil SPSS. Hasil SPSS menunjukkan bahwa p= 0.02 dan r2 =.410, yang berarti bahwa korelasi antara kuesioner BALLI and SILL adalah siknifikan(p=.002, p>0.05).Dengan begitu, maka efek dari kepercayaan pada strategi belajar mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris sangatlah besar (r2=.25 meliki efek yang besar).

 

Keywords: Pembelajaran Bahasa , SILL, Strategi, BALLI, Keyakinan, Kepercayaan

 

Abstract

This is a quantitative study which identifies the strategies which have been used by the English Education Students. This study is aimed to approve the relationship between Belief and Language Learning Strategies The subjects of this research are English Education Students who were registered as the students of Literal Reading Class in 2015 in academic year 2015/2016 in Language and Art Faculty of The Stated University of Surabaya, The main data was taken from questionnaire survey. The questionnaires which used are SILL questionnaire version 7.0 and BALLI questionnaire version 2.0. This study provides information about The second semester of Language Education Students used metacognitive and affective strategy more often than others strategies. While, memory strategy was the most infrequently strategy which used by the students. the result provides information that there is a correlation between BALLI and SILL questionnaires based on SPSS result. It displays p=0.02 and r2=.410, which mean that the correlation between BALLI as a whole and SILL Profile is significant (p=.002, p>0.05). Thus, the effect of Belief to Learning Strategies is large effect (r2=.25 is a large effect).

 

Keywords : Language Learning, SILL, Strategies, BALLI, Belief. Strategies, BALLI, Belief.

Author Biography

PRIDARMANSA ANITA H., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-05-16
How to Cite
ANITA H., P. (2016). THE CORRELATION BETWEEN BELIEF AND STUDENTS’ LANGUAGE LEARNING STRATEGIES AT ENGLISH DEPARTMENT OF UNESA. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/14961
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 145