THEUSE OF PEN PAL PROJECT TO TEACH WRITING SKILL OF RECOUNT TEXT TO THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMAN 1 TRENGGALEK

  • DEWI TRI HASTUTI

Abstract

AbstrakMenulis adalah salah satu keterampilan yang sangat penting di zaman sekarang karena bahasa Inggris telah digunakan dalam banyak sektor. Lebih jauh lagi, menulis dianggap sebagai keterampilan yang paling sulit diantari keterampilan lain untuk dikuasai. Kosakata yang sedikit, kurangnya pengetahuan pada tata bahasa dan kekacauan dalam structure teks menjadi beberapa alasan yang membuat siswa takut untuk menulis. Terlebih, siswa mudah merasa bosan ketika menulis karena mereka beranggapan bahwa tidak ada sesuatu yang menyenangkan ketika mereka belajar menulis. Dari beberapa alasan tersebut, sangat penting bagi guru untuk menggunakan strategi mengajar yang tepat. Siswa dapat berkomunikasi dengan Bahasa Inggris secara efektif dengan bertukar surat. Sahabat pena merupakan istilah bagi seseorang yang bertukar surat untuk berteman dengan orang lain. Surat menyurat dapat memberikan sesuatu untuk dibaca dan juga ditulis karena siswa juga harus menulis balasan surat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari penggunaan surat menyurat untuk mengajar keterampilan menulis teks recount untuk siswa kelas sepuluh. Disamping itu, penelitian ini juga berguna untuk mengetahui respon siswa terhadap strategi pembelajaran tersebut setelah pelaksanaan surat menyurat dengan sahabat pena. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian dalam studi ini adalah siswa kelas X-IIS 2 SMAN 1 Trenggalek. Peneliti menggunakan lembar observasi untuk mengamati pelaksanaan surat meyurat dengan sahabat pena. Hal ini berguna untuk mengetahui yang terjadi dalam keseluruhan proses belajar dan mengajar. Selain itu, untuk mengetahui respon dari siswa, peneliti membagikan lembar kuesioner kepada 32 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa surat menyurat dengan sahabat pena bisa menarik keinginan siswa untuk belajar menulis khususnya menulis teks recount. Hal ini di buktikan siswa aktif selama proses belajar mengajar. Sebagai tambahan, guru juga menerapkan penggunaan surat menyurat dalam pengajaran menulis recount teks dengan baik. Guru menggunakan enam sintak dalam Kurikulum 2013 sebagai pusat dari Project Based Learning. Selain itu, guru juga membimbing siswa dengan baik sesuai dengan teory dari Brown dan Hood (1989). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa dalam pengajaran menulis teks recount melalui bertukar surat dengan sahabat pena mendapat tangapan positif dari siswa. Kebosanan siswa dalam menulis dapat dikurangi. Siswa juga setuju bahwa teknik ini membantu mereka dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis.Dari hasil dan analisis, dapat disimpulkan bahwa surat menyurat dengan sahabat pena dapat menjadi strategi mengajar yang efektif dalam pengajaran dan pembelajaran menulis terutama dalam teks recount. Strategi ini dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka dan memotivasi siswa untuk menjadi penulis yang lebih baik. Akhirnya, penulis berharap penyelesaian penelitian ini akan bermanfaat bagi siswa, guru bahasa Inggris, dan peneliti lainnya.Kata Kunci: ketrampilan menulis, surat menyurat, bertukar surat.AbstractWriting is one of the important language skills in this era because it used in many fields of life. Moreover, writing is known to be one of the most difficult skills to be mastered. It is because of the students affraidness and

confuseness in delivered their thoughts in written form. Lack of vocabulary, less understanding about grammar and confusion about the structure of the text may became some reasons that make the students are afraid to write. Moreover, students are easily get bored when they write because they often feel that there is no a lot of fun activity while they are write. From those reason it is very important for the teacher to use appropriate teaching strategy. Students can communicate with English effectively trough exchanging letter. Pen pal is the term of people who exchange letters with another‟s to make friends with someone else. Pen pal can provide the students something to read and also something to write because thay also have to write the repply for their pal.This study aimed to find out the implementation of using pen pal project to teach writing recount texts to the tenth grade students. Besides that, it also used to find out the students‟ responses towards the implementation of pen pal project in teaching writing of recount text. The study used descriptive qualitative research. The subject of the study was the students of X-IIS 2 class of SMAN 1 Trenggalek. The researcher used observation sheets to observe the implementation of pen pal. It was used to know what happened in whole teaching and learning process. Besides, to know the students‟ responses, the researcher distributed questionnaire sheets to 32 students.The study showed that pen pal project could attract students‟ willingness in learning to write especally writing recount text. It was proved by the students were very active and enthusiastic during the teaching and learning processes. In addition, the teacher also implemented well toward the use of pen pal project in teaching writing recount text. The teacher used six syntaxes in 2013 Curriculum as the focus of Project Based Learning. Moreover, the teacher also guided the students to write in very good way based on the theory from Brown and Hood (1989). The finding also showed that teaching writing of recount text involving pen pal exchange letter gets a positive response from the students. The students‟ boredom in writing could be reduced. The students agreed that the teaching strategy could help them to improve their writing abilities.From the results and the analysis, it can be concluded that pen pal project can be an effective teaching strategy in the teaching and learning of writing especially recount texts. It can improve their English proficiency and motivates them to be a better writer. Finally, writer expected that the completion of this study will be useful for the students, English teachers, and other researchers.Keywords: Writing skill, Pen Pal, Letter Exchange.

Published
2016-05-17
How to Cite
TRI HASTUTI, D. (2016). THEUSE OF PEN PAL PROJECT TO TEACH WRITING SKILL OF RECOUNT TEXT TO THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMAN 1 TRENGGALEK. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/15036
Section
Articles
Abstract Views: 110
PDF Downloads: 119