Using Bingo to Improve Vocabulary Mastery in Describing People to the Seventh Graders

  • HERLINA WIDIYASWARI

Abstract

Abstrak  

Bahasa Inggris mempunyai empat keterampilan, seperti berbicara, mendengar, membaca, dan menulis. Kemampuan tersebut harus diajarkan pada siswa, tetapi mereka harus mempelajari kosa kata terlebih dahulu. Kosa kata adalah kunci dalam mempelajari bahasa. Siswa harus memperkaya kosa kata sehingga mereka mampu sukses dalam mempelajari keterampilan tersebut. Peneliti menggunakan siswa kelas 7 sebagai subjek penelitian. Peneliti memilih SMP Negeri 1 Ngoro untuk melakukan penelitian. Dalam penelitian ini, siswa kelas 7 harus mempelajari teks deskriptif khusus mendiskripsikan orang. Sebelum mempelajari teks desckriptif, siswa harus memperkaya kosa kata mereka khususnya kosa kata yang digunakan dalam mendiskripsikan orang. Dalam penelitian ini, peneliti fokus pada penggunakan kata sifat dalam mendiskripsikan orang.

Dalam masalah ini, guru harus kreatif dalam meggunakan teknik untuk mengajar kosa kata pada siswa. Permainan merupakan sebuah teknik yang dapat digunakan oleh guru untuk mengajar kosa kata. Dengan menggunakan permainan, siswa dapat termotivasi dan memahami kosa kata tersebut dengan mudah. Salah satu permainan yang dapat digunakan adalah Bingo. Permainan ini dapat membantu siswa untuk mempelajari kosa kata. Oleh karena itu, peneliti dapat menggunakan permanian Bingo untuk mengajar kosa kata.

Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan eksperimental kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui pemberian pretes sebelum tritmen, pemberian tritmen tiga kali. Kemudian, pemberian postes untuk mendapatkan nilai siswa. Sebelum melakukan pretes, peneliti memberikan sebuah percobaan kepada kelas lain tidak untuk kelas yang mana dipilih sebagai eksperimen dan kontrol grup. Tujuan percobaan ii adalah untuk mendapatkan soal yang tepat sebelum diberikan sebagai pretes dan postes. Ada dua variabel dalam penelitian ini. Penggunaan Bingo dipilih sebagai variabel independen dan penguasaan kosa kata adalah variabel dependen dari pnelitian ini. Populasinya adalah siswa kelas tujuh SMP Negeri 1 Ngoro dan sampel penelitian ini adalah dua kelas yang dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Untuk instrumen adalah uji coba, pretes, dan postes.

Peneliti menganalisis secara kuantitatif dengan menggunakan t-test untuk mengatahui perbedaan yang signifikan dalam penguasaan kosa kata antara siswa yang diajarkan menggunakan Bingo dan mereka yang tidak. Peneliti menemukan bahwa skor kelompok eksperimen (89.6000) dan kelompok kontrol (40.2500). Ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam penguasaan kosa kata antara siswa yang diajarkan menggunakan Bingo dan siswa yang tidak. Siswa mendapatkan kemajuan yang tinggi karena mereka mendapatkan tritmen menggunakan Bingo. Penguasaan kosa kata mereka meningkat dan juga membuat mereka mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya. Berdasarkan hasil peneltian, permainan Bingo cocok digunakan untuk mengajarkan penguasaan kosa kata dalam mendiskripsikan orang untuk siswa kelas tujuh dalam meningkatkan penguasaan kosa kata mereka.

Kata Kunci: Kosa Kata Bahsasa Inggris, Permainan Bingo, Kosa Kata Teks Deskriptif, Kelas 7.

 

Abstract 

English has four skills, those are speaking, listening, reading, and writing. Those skills have to be taught to the students, but they have to learn vocabulary first before learning those four skills. Vocabulary is a key in learning any language. The students should enrich their vocabulary in order to make them successful in learning those skills. The researcher uses seventh graders of junior high school as a subject. The researcher chooses SMP Negeri 1 Ngoro to conduct her research. In this study, the seventh grade students have to learn descriptive text especially describing people. Before learning descriptive text, the students should enrich their vocabulary especially vocabulary that is used in describing people because in this study, the researcher focuses on the use of adjective in describing people.

In this case, the teacher must be creative to use technique to teach vocabulary to the students. Game is a technique that can be used by the teacher to teach vocabulary. By using game, it can make the students are motivated in teaching learning process and comprehend the vocabulary easily. One of game that can be used is Bingo. This game is one of the game that can help the students to learn vocabulary. Due to the need, the researcher can use Bingo as a game to teach vocabulary.

In conducting the research, the researcher used an experimental quantitative by collecting the data through giving pre-test before treatments were done and then giving treatments three times. Then, giving post-test in order to get the students’ vocabulary score. Before conducting pre-test, the researcher administered try out test to other class which did not belong to experimental and control group. The aim of try out test is to get the appropriate test item before it was given as pre-test and post-test. There were two variables in this study. The use of Bingo was chosen as independent variable and the students’ vocabulary mastery was dependent variable. The population of this study was the seventh graders of SMP Negeri 1 Ngoro and the samples of this study were two classes which were chosen as an experimental group and a control group. The instruments were try out, pre-test, and post-test.

The researcher analyzed quantitatively by using t-test to find out the significant difference in vocabulary mastery between the students who are taught by using Bingo and those who are not. The researcher found that the mean score of experimental group (89.6000) and control group (40.2500). It means that there was a significant difference in vocabulary mastery between the students who are taught by using Bingo and those who are not. The students’ got high progress since they got treatment using Bingo game. Their vocabulary mastery was increased and also make them get higher score than before. 

Based on the result of the research, Bingo game is appropriate to be used to teach vocabulary mastery in describing people to the seventh graders of junior high school to improve their vocabulary mastery.

Keywords: English Vocabulary, Bingo Game, Vocabulary of Descriptive Text, Seventh Graders.  

Published
2016-05-17
How to Cite
WIDIYASWARI, H. (2016). Using Bingo to Improve Vocabulary Mastery in Describing People to the Seventh Graders. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/15038
Section
Articles
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 52