English Department Students’ Learning Strategies to Overcome Speaking Anxiety

  • ZAHRADITA WIDHAYANTI

Abstract

Abstrak Dalam mempelajari Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing, siswa harus menguasai 4 keterampilan yaitu mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis. Berbicara dianggap sebagai keterampilan paling penting. Namun, dalam belajar berbicara, siswa dilaporkan memiliki kecemasan dalam bahasa (Tanveer. 2007). Dengan demikian, siswa dilaporkan memiliki strategi belajar untuk mengatasi kecemasan mereka. Penelitian ini menyelidiki faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan berbicara siswa dan strategi belajar mereka untuk mengatasi kecemasan berbicara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam proses pengumpulan data dan menjawab pertanyaan penelitian. Studi ini menemukan bahwa ada beberapa situasi yang mengarah pada kecemasan berbicara siswa seperti prosedur kelas, keyakinan siswa, keyakinan guru, persepsi diri, lingkungan sosial, kesalahan di lingkungan sosial, pemahaman topik, dan perbedaan budaya. Temuan lain dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang diterapkan oleh siswa seperti strategi memori, strategi kognitif, strategi kompensasi, strategi metakognitif, strategi afektif, dan strategi sosial.Kata Kunci: Kecemasan Berbicara, Strategi Belajar.AbstractAs learning English as Foreign Language, students have to master 4 skills which are listening, reading, speaking, and writing. Speaking considered being the most important skill among other skills. However, in learning speaking students are reported to have language anxiety. Thus, students are reported to have learning strategies to overcome their anxiety (Marwan , 2007). This study investigates the factors that provoke students’ speaking anxiety and their learning strategies to overcome speaking anxiety. This study used qualitative methods in the process of collecting data and answering research questions. This study found that there are some situations that lead to students’ speaking anxiety such as classroom procedure, student’s beliefs, teacher’s beliefs, self-perceptions, social environment, errors in society, topic understanding, and cultural differences. Another finding of this study is learning strategies applied by students such as memory strategies, cognitive.Keywords: Speaking Anxiety, Learning Strategies.
Published
2018-07-30
How to Cite
WIDHAYANTI, Z. (2018). English Department Students’ Learning Strategies to Overcome Speaking Anxiety. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/24931
Section
Articles
Abstract Views: 374
PDF Downloads: 805