Teacher’s Questioning Strategies and Students’ Responses in Classroom Interaction
Abstract
AbstrakMempertanyakan sejauh ini merupakan bentuk komunikasi yang paling umum digunakan dalam pengajaran di kelas. Guru menggunakan strategi tanya jawab untuk meninjau, memeriksa pembelajaran, dan menantang siswa untuk berpikir secara kritis. Beberapa peneliti telah menghabiskan bertahun-tahun dalam penelitian mereka untuk mengkategorikan pertanyaan guru sesuai dengan tipenya. Bagaimanapun juga, penelitian ini menggunakan jenis pertanyaan berdasarkan kategorisasi oleh Blosser (1975) dan Cunningham (1987) sebagai model. Mengetahui pentingnya pertanyaan guru di dalam kelas, ini membuat banyak peneliti tertarik untuk mengambil penelitian yang lebih dalam untuk mengungkap rahasia pertanyaan guru. Namun, melihat dari banyak penelitian yang telah dilakukan, sangat sedikit dari mereka yang membahas tentang tanggapan yang diberikan siswa terhadap pertanyaan guru. Padahal tanggapan siswa juga merupakan aspek penting dalam membuat pertanyaan yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengungkap rahasia pertanyaan guru dan tanggapan siswa. Selanjutnya, subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris dan siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dimana data diperoleh dengan mengobservasi dan mewawancarai subjek. Observasi dilakukan dalam dua kelas yang berbeda tetapi masih di tingkat yang sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru menggunakan semua jenis pertanyaan berdasarkan model Blosser (1975) dan Cunningham (1987) dalam proses belajar mengajar di dua kelas yang berbeda. Meski begitu, guru kebanyakan menggunakan structuring question dan factual recall question.Kata Kunci: Strategi bertanya, Tanggapan siswa.AbstractQuestioning is by far the most common form of communication used in classroom teaching. Teachers use question and answer strategies to review, examine learning, and challenge students to think critically. Some researchers have already spent years in their research to categorize teacher questions according to their type. However, this study used the types of questions based on the categorization by Blosser (1975) and Cunningham (1987) as the model. Knowing the importance of teacher questions in classes, this makes many researchers interested in taking deeper research to uncover the secrets of teacher questions. However, seeing from the many studies that have been done, very few of them are discussing about the responses that students give to the teachers questions. Even though student responses are also important aspect in making good question. Hence, this research was done to uncover the secrets of teacher’s questions and student’s responses. Furthermore, the subject of this research were the English teacher and the students of senior high school. This research applied qualitative design in which the datas were gained by observing and interviewing the subject. The observation had done in two different classes but still in the same grade. The results of this research showed that the teacher used all types of questions based on Blosser (1975) and Cunningham’s (1987) model in the teaching learning process in two different classes. Even so, the teacher mostly used structuring question and factual recall question.Keywords: Questioning strategies, Students’ responses.
Published
2018-07-30
How to Cite
NINDI LESTARI, E. (2018). Teacher’s Questioning Strategies and Students’ Responses in Classroom Interaction. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/24938
Issue
Section
Articles
PDF Downloads: 246