Investigating the Teaching of Plural Ending Sounds Pronunciation in Rural Junior High School

  • ZILVY AULIA

Abstract

Abstrak Pelafalan, sub-keterampilan dalam bahasa Inggris, merupakan persyaratan dasar bagi peserta didik yang ingin meningkatkan kemampuan komunikasi fungsional mereka dalam bahasa Inggris. Sub-keterampilan ini kurang mendapat perhatian dari guru bahasa Inggris karena tidak banyak dari mereka memiliki panduan yang jelas untuk memungkinkan siswa berbicara bahasa Inggris dengan baik menggunakan pengucapan yang baik. Untuk meningkatkan pelafalan siswa terutama dalam mengajar Plural Ending Sounds, para guru perlu memiliki berbagai pengajaran mengajar. Teknik yang digunakan para guru adalah; melatih, mengulangi, membaca dengan suara keras, dll. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik pengajaran pengucapan yang digunakan guru dalam mengajar siswa pedesaan dan untuk mendapat hasil yang diperoleh para siswa setelah mendapat pengajarannya. Peneliti menggambarkan penelitian dalam bentuk penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan beberapa observasi di kelas secara langsung, meminta siswauntuk membaca teks yang diberikan secara nyaring, dan mewawancarai guru dan siswa. Dapat disimpulkan dari penelitian bahwa belajar Plural Ending Sounds sulit untuk beberapa alasan. Baik guru dan siswa memiliki masalah masing masing dengan pelafalan bahasa Inggris. Ini dapat dibuktikan dari hasil siswa dalam membaca bacaan dengan keras yang menunjukkan beberapa skor rendah dan respons negatif mengenai pelafalan dari hasil wawancara.Kata Kunci: Teknik Pengajaran Pelafalan, Suara Akhir Jamak AbstractPronunciation, an English sub-skill, is a basic requirement for learners who want to improve their functional communicability in English. This sub-skill has less attention from English teachers since not many of them have clear guidelines to enable the students to speak English well using good pronunciation. In order to improve the students’ pronunciation especially in teaching Plural Ending Sounds, teachers need to have various teaching techniques. The techniques that the teachers use are; drilling, repeating, reading aloud and etc. The objective of the study is to find out the pronunciation teaching technique that the teacher use in teaching rural students and the result. The researcher describes the study in qualitative research. In collecting the data, the research do some observations in classroom directly, get the students result in pronunciation reading aloud task, and interview both the teacher and the students. It is concluded from the research that learning Plural Ending Sounds is difficult for some reasons. Both the teacher and the students have problem dealing with pronunciation. It proves from the students’ result in reading aloud task that shows some low score and negative responds regarding pronunciation from the interview result.Keywords: Pronunciation Teaching Technique, Plural Ending Sounds.
Published
2018-07-30
How to Cite
AULIA, Z. (2018). Investigating the Teaching of Plural Ending Sounds Pronunciation in Rural Junior High School. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/24940
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 156