Developing English Materials Using Scientific Approach for Eleventh Graders of Senior High School

  • WIDYA YULI HARIANTI

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui aspek analisis kebutuhan siswa pada siswa kelas XI SMAN Mojosari, yang kedua adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan materi itu dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan saintifik pada siswa kelas XI SMAN Mojosari, yang ketiga adalah untuk mengetahui hasil penilaian buku dari para penilai (guru) pada siswa kelas XI SMAN Mojosari. Pada penelitian kali ini, menggunakan metode R&D (Research and Development). Subjek pada penelitian kali ini terdiri dari siswa-siswi kelas XI SMAN Mojosari, bu Sulastri, bu Yunita dan bu Ayu sebagai penilai dari pengembangan buku bahasa inggris. Instrumen penilaian yang diapakai dalam penelitian ini adalah kuisioner-kuisioner, lembar interview dan penilaian pengembangan materi .Cara-cara pengembangan materi pada penelitian ini menggunakan lembar kebutuhan siswa, memilih indikator, melakukan pengembangan materi dan merevisi materi. Dalam melakukan pengembangan materi, presentase dan frekuensi dari materi tersebut digunakan untuk menganalisis lembar kebutuhan siswa, lalu indikator akan dikembangkan melalui kebutuhan siswa tersebut. Penilaian pengembangan buku akan dinilai oleh penilai pertama dan kedua. Seperti yang diketahui, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bahasa inggris digunakan untuk menambah pengetahuan mereka seperti pada level menengah, (2) kelemahan siswa yaitu dalam mengucapkan kata, (3) mendapatkan solusi, dan (4) membentuk kelompok dalam 3-4 orang. Jadi, penulis mengklasifikasikan 5 cara penerapan metode pendekatan saintifik dalam pengembangan materi yaitu (1) penelitian, (2) mempertanyakan, (3) bereksperimen, (4) menghubungkan, dan (5) mengkomunikasikan. Nilai tengah dari penggunaan metode pendekatan saintifik berdasarkan 4 kemampuan diklasifikasikan”bagus” Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Materi bahasa inggris, analisis kebutuhan siswa

AbstractThe goals of this research were (1) to discover Need analysis aspect of eleventh graders students of SMAN Mojosari, (2) to discover of the suitability scientific approach for eleventh graders students of SMAN Mojosari, and (3) to discover the result of the review of the materials using scientific approach for eleventh graders of SMAN Mojosari. Research and Development (R&D) research study are used in this research. The students of class XI IPA 1 of SMAN Mojosari, Ma’am Sulastri, Ma’am Yunita and Ma’am Ayu as the materials’ reviewers were the subjects. The instruments were questionnaries, interview guidelines and for material’s assessment. There were steps to develop the materials proposed by Borg and Gall (2003) such as conduct needs analysis, choosing basic competences, doing materials’ evaluation and improving the materials were carried out as the ways of the research. The percentage and frequency would be analyzed the data analysis and then the basic competences were developed from the results . As the result, the study shown (1) english was used for gaining knowledge as their level in intermediate, (2) pronounciation was the lack for the students , (3) getting some feedbacks, and (4) small group for 3-4 people. So, the researcher classified into 5 ways to meet the students’s need (1) observing, (2) questioning, (3) experimenting, (4) associating and (5) communicating. The total range mean of using scientific approach based on four skills in the materials was classified “Great”.Keywords : Scientific approach, English materials, Need analysis.
Published
2018-08-05
How to Cite
YULI HARIANTI, W. (2018). Developing English Materials Using Scientific Approach for Eleventh Graders of Senior High School. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/25122
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 50