QUESTION ANSWER TECHNIQUE IN TEACHING REPORT TEXT TO TENTH GRADE STUDENTS

  • ZAHROTUL FIRDAUS ADZANA

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah Teknik Question Answer dapat merubah kemampuan siswa dalam membuat teks report mereka sendiri. Sasaran utama dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan proses penerapan Teknik Question Answer dalam pembelajaran menulis teks report pada siswa kelas sepuluh. 2) Untuk mencari tahu hasil penulisan teks report siswa setelah penerapan teknik Question Answer dalam pembelajaran menulis teks report pada siswa kelas sepuluh. 3) Untuk mencari tahu respon para siswa setelah penerapan Teknik Question Answer dalam pembelajaran menulis teks report pada siswa kelas sepuluh. Subjek dalam penelitian ini adalah para siswa kelas sepuluh Busana di SMK N 6 Surabaya. Penemuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa para murid yang diajarkan Teknik Question Answer dapat berubah kemampuan menulisnya. Hal itu dapat dilihat dari hasil oenelitian ini. Kita dapat melihat perubahan dalam kemampuan menulis para siswa sampai pada siklus kedua. Dari hasil tulisan siswa, peneliti menemukan bahwa kemampuan content, grammar, organization, dan vocabulary mereka berubah lebih baik lagi. Kemampuan mereka dalam menemukan ide untuk menulis juga berubah menjadi lebih baik. Respon para siswa juga menjadi lebih baik hal itu dalam terlihat dari pengaturan waktu mereka saat mengerjakan rteks report. Kemampuan para siswa dalam mengumpulkan ide juga menjadi lebih inovatif. Hal ini sebagai respon yang baik dari para siswa. Maka dari itu, Teknik Question Answer dapat digunakan sebagai salah satu teknik alternatif untuk mengajarkan menulis teks report pada siswa kelas sepuluh.Kata Kunci: Teknik pertanyaan jawaban, kemampuan menulis, mengumpulkan ide
AbstractThis research aims to discuss whether Question Answer Technique can improve the students’ writing skills in producing their own report text. The objectives of the prior research are: 1) To describe the process of the implementation of question-answer technique in teaching writing report text on the tenth grade students. 2) To find the student’ writing result after the implementation of question answer in teaching writing about report text on tenth grade students. 3) To find the respond of the students after the implementation of question answer in teaching writing report text to tenth grade student. The subject of this research is the tenth grade students of X Busana I in SMK N 6 Surabaya. The research finding shows that the students who were taught using question answer technique can improve their writing skill. It can be seen in the result of this research. We can see that there are improvements in their writing result up to cycle 2. From the student’ writing result, the researcher found that their content, grammar, organization, and vocabulary are improved. They get better in gathering the idea to write report text. Question answer technique also makes students’ writing skill in gathering the ideas more innovative. They also had a better time management as their responses to question answer technique. Therefore, question answer technique can be used as alternative technique to teach writing to tenth grade students. Key words: question answer technique, writing skill, gathering the idea
Published
2018-08-14
How to Cite
FIRDAUS ADZANA, Z. (2018). QUESTION ANSWER TECHNIQUE IN TEACHING REPORT TEXT TO TENTH GRADE STUDENTS. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/25264
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 528