THE USE OF KAMISHIBAI TO TEACH SPEAKING NARRATIVE TEXT TO THE EIGHTH GRADERS OF SMPN 40 SURABAYA

  • VENY NOVILIA

Abstract

Abstrak

Berbicara adalah salah kemampuan penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris karena siswa perlu untuk dapat berbicara secara lancar dan mampu untuk berkomunikasi dengan baik dengan orang lain menggunakan Bahasa Inggris tersebut. Ur(1996:120) menyatakan bahwa dari empat kemampuan dalam Bahasa Inggris, mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis; salah satu yang paling penting adalah kemampuan berbicara. Faktanya, terdapat banyak kendala dalam pengajaran kemampuan berbicara. Salah satu faktornya adalah kurangnya kemampuan siswa dalam berbicara menggunakan Bahasa Inggris karena Bahasa Inggris merupakan bahasa asing. Kebanyakan dari mereka tidak hanya takut untuk berbicara namun juga merasa malu dan khawatir dalam mengekspresikan gagasan-gagasan mereka menggunakan Bahasa Inggris. Kebanyakan dari mereka kurang merasa percaya diri dalam melakukan kemampuan ini dari pada kemampuan yang lain. Mereka berfikir bahwa jika mereka salah mengeja atau melakukan kesalahan yang lain pada saat menggunakan Bahasa Inggris, teman-teman yang lain atau mungkin bahkan gurunya akan menertawakannya. Berdasarkan masalah diatas, selama kelas berbicara, guru seharusnya menemukan cara baru yang sesuai dan menarik dalam pengajaran Bahasa Inggris untuk memotivasi mereka untuk berbicara dan merasa enjoy selama berlangsungnya program belajar mengajar di kelas. Salah satu media yang sesuai yang dapat digunakan oleh guru untuk mengajar kemampuan berbicara Bahasa Inggris adalah dengan menggunakan Kamishibai. Untuk menerapkan media pembelajaran menggunakan Kamishibai dalam pengajaran kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris, guru dapat meminta siwa untuk membentuk kelompok atau bekerja secara individu kemudian meminta mereka untuk membuat teks naratif dalam bentuk Kamishibai, membuat beberapa gambar kemudian menampilkannya di depan kelas. Setelah itu, penampil akan melontarkan beberapa pertanyaan kepada teman-teman di kelas untuk mengetahui pemahamn mereka tentang cerita yang baru saja ditampilkan.

Kata kunci: pengajaran kemampuan berbicara, berbicara dalam Bahasa Inggris, teks naratif, Kamishibai

 

Abstract

Speaking is one of the most difficult and important skills in learning English since students need to get fluency and able to communicate well with the other use this language. Ur (1996:120) stated that from all the four skills, listening, speaking, reading and writing; one seems as the most important is speaking. Factually, there are problems in teaching speaking. One of the main factors is that the students’ lack ability in speaking English since English is foreign language. Most of them are not only afraid to speak up but also shy and anxiety to express their ideas in English. Most of students are less confident doing this skill rather than another. They think that if they get misspelling or other mistakes in their speaking English the other students or perhaps the teacher will laugh them. Based on the case above, during the speaking class, the teacher should find out new, appropriate and interesting way in teaching speaking in order to make them learn to speak and enjoy the teaching and learning activity. One of the suitable media that can be used by the teacher to teach speaking English is Kamishibai. To apply Kamishibai in speaking class, the teacher can ask students to work in group or individually and make a narrative text in form of Kamishibai, draw some pictures and present it in front of the class. After presenting it, the presenter will have some questions for audience to check their understanding about the story.

Keywords: teaching speaking, speaking English, Narrative text, Kamishibai.

 

Published
2013-05-24
How to Cite
NOVILIA, V. (2013). THE USE OF KAMISHIBAI TO TEACH SPEAKING NARRATIVE TEXT TO THE EIGHTH GRADERS OF SMPN 40 SURABAYA. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/2579
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 41