Self-Regulated Learning in Reading of Eleventh Graders in SMA Negeri 1 Manyar Gresik

  • IMANUDDIN SHOLICH

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki bagaimana siswa menerapkan strategi mereka dalam pembelajaran self-regulated mereka terhadap reading mereka. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif karena ini berfokus pada laporan pengalaman atau data yang tidak dapat diungkapkan secara memadai didalam angka. Dalam penelitian kualitatif, peneliti mendeskripsikan individu atau setting, kemudian menganalisa data, membuat interpretasi, kemudian menarik kesimpulan tentang hasilnya. Keenam peserta dipilih dalam penelitian ini, mereka diminta untuk menulis jurnal pembelajaran (learning journal) untuk mendapatkan pengalaman tentang pembelajaran mereka didalam reading. Kemudian, setelah memenuhi jurnal pembelajaran (learning journal), mereka diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan didalam wawancara untuk mendapatkan informasi secara mendalam. Hasilnya menunjukkan bahwa semua peserta menerapkan berbagai strategi dalam SRL (self-regulated learning) di reading. Para peserta menetapkan tujuan pembelajaran mereka dan memutuskan untuk memilih strategi yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran mereka. Strategi-strategi yang mereka gunakan saat mereka belajar, yaitu, strategi langsung dan tidak langsung yang termasuk ke dalam memori, kognitif, kompensasi, metakognitif, afektif dan strategi sosial. Selain itu, para peserta selalu membuat kemajuan yang tepat menuju strategi mereka yang mereka pilih dalam reading karena mereka dapat menyesuaikan strategi mereka menjadi yang lebih baik dan terus menggunakan strategi tersebut. Namun, jika para peserta tidak membuat kemajuan yang sesuai ke arah strategi mereka, mereka akan meninggalkannya dan mencoba untuk menemukan strategi yang tepat yang tepat untuk mereka dan juga menentukan masalahnya.
Kata Kunci: Reading, self-regulated, learning strategy
AbstractThis study was conducted to investigate how do students applied their strategies in their self-regulated learning toward their reading. This research belongs qualitative research since this focuses on reports of experience or on data which cannot be adequately expressed in number. In qualitative research, the researcher described an individual or setting, then analyzed the data, made interpretation, then drew the conclusion about the result. The six participants were chosen in this study, they were asked to write learning journal in order to get experience about their learning in reading. Then, after fulfilling learning journal, they were asked several questions in the interviews to get information in depth. The result shows that all of participants applied various strategies in their SRL (self-regulated learning) toward their reading. The participants set their learning goals and decide to select suitable strategies to achieve their learning goals. Those strategies that they used while they are studying, namely, direct and indirect strategies which belong to memory, cognitive, compensation, metacognitive, affective and social strategy. Furthermore, the participants always making appropriate progress toward their strategies that they choose in reading because they can adjust their strategies into the better one and continue using those strategies. However, if the participants do not make appropriate progress toward their strategies they would leave it and try to find right strategies that suitable for them and they also determine the problem lies.
Keywords: Reading, self-regulated, learning strategy
Published
2018-11-08
How to Cite
SHOLICH, I. (2018). Self-Regulated Learning in Reading of Eleventh Graders in SMA Negeri 1 Manyar Gresik. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/25957
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 35