Teaching Reading Announcement Text Using Mind Mapping for Senior High School

  • LOLIETA DINDA DARA PUSPITA

Abstract


AbstrakPemahaman membaca menjadi keterampilan penting di era globalisasi. Sayangnya, sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami bacaan, terutama untuk memahami teks. Adewole (2001) menjelaskan bahwa siswa perlu membaca, menghargai dan mengeksplorasi beberapa teks sehingga mereka dapat menjadi pembaca yang kritis. Dalam memecahkan masalah ini, pengajaran membaca menggunakan teks pengumuman melalui teknik pemetaan pikiran untuk kelas 10 SMA dilakukan oleh peneliti. Beberapa manfaat menggunakan pemetaan pikiran telah diringkas oleh Ingenmann (2008), penggunaan pemetaan pikiran dapat membantu kemampuan siswa dalam mengembangkan keterampilan belajar, kreativitas, brainstorming dan menghafal. Penelitian ini menggunakan kualitatif untuk menggambarkan beberapa fenomena yang terjadi selama pelaksanaan pengajaran membaca teks pengumuman melalui pemetaan pikiran. Dua pertanyaan penelitian digunakan dalam penelitian ini. Pertanyaan penelitian pertama menggunakan observasi cek lis dan catatan lapangan. Pertanyaan penelitian kedua menggunakan wawancara para siswa. Guru dan murid X MIPA 5 di SMAN 2 Sidoarjo adalah subjek penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pelaksanaan pengajaran membaca teks pengumuman dengan menggunakan pemetaan pikiran untuk kelas 10 SMA. Tidak hanya fokus pada pelaksanaan pengajaran membaca teks pengumuman dengan menggunakan mind mapping, tetapi juga difokuskan pada beberapa fenomena yang terjadi dalam proses belajar mengajar. Selain itu, hasil menunjukkan bahwa siswa lebih mudah memahami teks dengan menggunakan pemetaan pikiran. Semua siswa dapat menerapkan pemetaan pikiran dan memahami teks bacaan secara mandiri. Siswa juga berhasil membuat pemetaan pikiran berdasarkan metode yang diajarkan oleh guru. Dari penjelasan ini, dapat disimpulkan bahwa pemetaan pikiran adalah teknik yang efektif untuk mengajarkan kemampuan membaca.
Kata kunci: membaca, teks pengumuman, peta konsep

AbstrackReading comprehension becomes important skill in globalization era. Unfortunately, most of students get difficulties in reading comprehension, especially for understanding the text. Adewole (2001) explained that students need reading, appreciating and exploring some text so that they can become critical readers. In solving this issues, teaching reading of announcement text by using mind mapping for 10th grade of senior high school was conducted by the researcher. Some of the benefits of using mind mapping have been summarized by Ingenmann (2008), the use of mind mapping can help students abilities in developing learning skills, creativity, brainstorming and memorizing. This study used qualitative to describe some phenomena happened during the implementation of teaching reading of announcement text through mind mapping. Two research questions were used in this study. The first research question used observation checklist and field notes. The second research question used interview of the students. Teacher and X MIPA 5 students of SMAN 2 Sidoarjo were the subject of this study. The aim of this study is to explore the implementation of teaching reading announcement text by using mind mapping for 10th grade of senior high school. Not only focused on the implementation of teaching reading of announcement text by using mind mapping, but also focused on some phenomena happened in teaching learning process. In addition, the result showed that students get easier to understand the text by using mind mapping. All of students can apply mind mapping and understand reading texts independently. Students have also succeeded in making mind mapping based on the methods taught by the teacher. From this explanation, it can be concluded that mind mapping is an effective technique to teach reading comprehension.Keywords : reading, announcement text, mind mapping
Published
2018-11-26
How to Cite
DINDA DARA PUSPITA, L. (2018). Teaching Reading Announcement Text Using Mind Mapping for Senior High School. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/26077
Section
Articles
Abstract Views: 167
PDF Downloads: 417