An Analysis of Debate Content Delivered by Speaking for Debate Students

  • ALFIA SARI
  • NUR CHAKIM

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten debat yang disampaikan oleh mahasiswa kelas “Speaking for Debate” dengan menggunakan analisis struktur dasar argumen (Label, Explanation, Example, and Tie-back). Dalam menyusun sebuah argumen yang baik dan menyakinkan, mahasiswa harus mampu memenuhi semua struktur dasar argumen. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengembangan argument mahasiswa berdasarkan peran pembicara dalam sistem “British Parliamentary Debate”. Penelitian kualitatif konten analisis digunakan untuk menjawab rumusan-rumusan masalah dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis transkrip pidato mahasiswa kelas “Speaking for Debate” menunjukkan bahwa tidak semua siswa telah memenuhi struktur dasar dalam argumen dengan baik. Mereka kurang dalam contoh dan simpulan. Beberapa masalah juga ditemukan dalam penjelasan argumen yang disampaikan oleh mahasiswa. Permasalahan tersebut ialah alasan yang tidak relevan, argumen yang menimbulkan pertanyaan, dan kurangnya contoh atau bukti-bukti yang kuat untuk mendukung argumen mereka. Hal ini berpengaruh terhadap rendahnya kualitas argumen mereka dalam berdebat. Dalam mengembangkan argumen, hampir semua mahasiswa kelas “Speaking for Debate” memulai dari menyampaikan respon “rebuttal” dan memberikan argumen tim mereka. Tidak semua mahasiswa memenuhi peran pembicara dalam tim. Mereka tidak menyampaikan pidato pembuka yang mendukung argumen tim mereka.

Kata Kunci: konten debat, struktur dasar argumen, peran pembicara, British Parliamentary Debate

Abstract

This study aims to analyze the debate content delivered by Speaking for Debate Students by using the basic structure of argument analysis (Label, Explanation, Example, and Tie-back). In constructing a good and convincing argument, the students should fulfill all the basic structure of an argument. Besides this, the study also aims to analyze the development of argument based on the speakers’ roles in British Parliamentary Debate system. Qualitative content analysis study is used to answer the research questions. Based on the result of this study, not all the students have fulfilled the basic structure of the argument. They are missed on the example and the tie-back. Some problems also found on their explanation such as irrelevant reasons, begging the questions, and lack of evidence and detail information. Those problems lead to the low quality of debate performance. Most of the students attending in Speaking for Debate develop their argument start from giving the rebuttals then delivering the arguments. Not all students have completely fulfilled the speakers’ role. They fail to give an introduction speech which can strengthen their team’s case.

Keywords: debate content, the basic structure of argument, speakers’ roles, British Parliamentary Debate


Published
2019-06-24
How to Cite
SARI, A., & CHAKIM, N. (2019). An Analysis of Debate Content Delivered by Speaking for Debate Students. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/28255
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 350