The Use of Instagram Post For Assisting Tenth Graders in Writing Recount Text

  • IRTYA SHOFI ANGGIA

Abstract

Abstrak

Menulis adalah salah satu dari empat keterampilan bahasa dalam belajar bahasa Inggris yang harus dikuasai oleh siswa. Namun, ada beberapa faktor yang menghambat siswa dalam menulis. Salah satu faktor tersebut adalah guru tidak mengajar menulis dengan teknik yang sesuai. Guru juga tidak memberikan materi atau media yang menarik dalam kegiatan menulis siswa. Untuk membuat siswa merasa termotivasi dan memiliki keinginan untuk belajar, guru harus mengajar dengan materi dan media yang menarik. Salah satu media yang menarik untuk mengajar menulis adalah Instagram. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Post Instragram adalah media yang cocok bagi siswa untuk mempraktikkan tulisan mereka atau tidak. Bagaimana guru mengimplementasikan media ini selama proses belajar mengajar, bagaimana hasil tulisan siswa dalam teks recount selama implementasi posting Instagram dan bagaimana respon siswa terhadap penggunaan Post Instagram untuk membantu mereka dalam menulis teks recount. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan 26 peserta yang terdiri, seorang guru bahasa Inggris dan 25 siswa X PDCI MAN 1 Mojokerto. Berasal dari set pengamatan, tulisan siswa, dan wawancara, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi positif dalam menggunakan pos Instragram sebagai media untuk menulis. Para siswa mendukung penggunaan Instagram sebagai media karena mereka senang menggunakannya. Selanjutnya, hasil tulisan siswa cukup mengesankan. Kesalahan utama adalah dari fitur bahasa, kebanyakan dari mereka salah dalam penggunaan Verb 2. Kesimpulannya, Instagram dapat diimplementasikan sebagai media untuk melatih kemampuan menulis siswa karena dapat membantu mereka merasa termotivasi untuk menulis teks yang tepat. Selain itu, para siswa mendapatkan pengalaman baru dalam menggunakan media pembelajaran baru.

Kata Kunci: Instagram, media , teks recount, media sosil, pengajaran menulis.

Abstract

Writing is one of the four language skills in learning English that has to be mastered by the students. However, there are several factors that obstruct students in writing. One of those factors is the teachers do not teach writing with the appropriate technique. Teachers also do not provide interesting material or media in students’ writing activity. To make the students feel motivate and have the desire to learn, the teacher should teach with interesting material and media. One of the interesting media to teach writing is Instagram. Thus, the purposes of this study are to find out whether Instagram Post is suitable media for the students to practice their writing or not. How the teacher implements this media during the teaching and learning process, how the students’ writing result in recount text during the implementation of an Instagram post and how the students response toward the use of Instagram Post for assisting them in writing recount text. This research used descriptive qualitative methodology with 26 participants consisting, an English teacher and 25 students of X PDCI of MAN 1 Mojokerto. Derived from sets of observation, students’ writing, and interview, the results of this research showed that the students have a positive perception in using Instagram Post as media to write. The students supported the use of Instagram as media because they enjoyed using it. Furthermore, the result of students’ writing text was quite impressive. The main mistake is from language features, most of them were wrong in the use of Verb 2. In conclusion, Instagram can be implemented as media to practice students’ writing ability because it can help them to feel motivated to write proper text. Moreover, the students get new experience in using new learning media.

Keywords: Instagram, media, recount text, social media, teaching writing.


Published
2019-07-12
How to Cite
SHOFI ANGGIA, I. (2019). The Use of Instagram Post For Assisting Tenth Graders in Writing Recount Text. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/29081
Section
Articles
Abstract Views: 153
PDF Downloads: 127