Reinforcement in Speaking Class to Motivate Students

  • YOSI SETYA PERTIWI

Abstract

Abstrak

Salah satu keterampilan bahasa yang diharapkan dapat dikuasai siswa adalah kemampuan berbicara. Namun, ada beberapa siswa yang mungkin gagal dalam menguasai keterampilan berbicara karena siswa kurang termotivasi. Oleh karena itu, penguatan diperlukan untuk menjadi alat yang memotivasi siswa untuk berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini digunakan dalam bentuk penelitian kualitatif sebagai desain penelitian untuk menjawab pertanyaan penelitian. Studi ini juga termasuk studi kasus yang menggunakan wawancara, observasi dan dokumen sebagai instrumen utama. Pengamatan dirancang untuk mencari tahu bagaimana guru memperkuat siswa mereka untuk memotivasi mereka dalam kelas berbicara. Di sisi lain, wawancara dirancang untuk mengetahui persepsi siswa tentang penguatan motivasi yang diberikan oleh guru di kelas berbicara. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan wawancara semi terstruktur dan metode analisis data oleh Ary (2010) untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua jenis penguatan yang diberikan oleh guru di kelas berbicara yaitu penguatan positif dan negatif. Berdasarkan hasil pengamatan, sebagian besar guru memberikan penguatan positif kepada siswa. Selanjutnya, temuan menunjukkan bahwa siswa merasa termotivasi dan dihargai di kelas berbicara ketika diberi penguatan. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa penguatan berperan penting terutama di kelas berbicara. Dengan memberikan penguatan kepada siswa, itu dapat membuat siswa merasa termotivasi dan membuat siswa melakukan yang terbaik dalam kegiatan kelas.

Kata kunci: berbicara, motivasi, penguatan

Abstract

One of the language skills that students are expected to master is speaking. However, there are some students that might fail in mastering speaking because the students are less motivated. Hence, reinforcement is needed to be the tool that motivates the students to speak English. This study used in the form of qualitative research as the research design in order to answer the research questions. This study also belonged to a case study which used interview, observation, and documents as the main instruments. The observation was designed to find out how the teacher reinforces their students in order to motivate them in speaking class. On the other hand, the interview was designed to find out students perceptions of motivational reinforcement given by the teacher in speaking class. In this study, the researcher used a semi-structured interview and data analysis method by Ary (2010) to analyze the data. The results of the study showed that there were two types of reinforcement given by the teacher in the speaking class namely positive and negative reinforcement. Based on the observation result, the teacher mostly gave positive reinforcement to the students. Furthermore, the findings showed that students felt motivated and appreciated in speaking class when given reinforcement. Therefore, based on the result of the study, the researcher concludes that reinforcement plays an important role, especially in speaking class. By giving reinforcement to the students it can make the students feel motivated and make students do their best in a classroom activity.

Keywords: speaking, motivation, reinforcement
Published
2019-07-18
How to Cite
SETYA PERTIWI, Y. (2019). Reinforcement in Speaking Class to Motivate Students. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/29285
Section
Articles
Abstract Views: 185
PDF Downloads: 362