The Analysis of The Authenticity of Writing Task in ‘ Buku Bahasa Inggris untuk Siswa SMA/SMK/MA Kelas 11’

  • IKA YULINDA FANSURIYAH

Abstract

Abstrak

Keberadaan materi otentik di Buku siswa memberikan manfaat dan keuntungan lebih yakni menambahkan nilai keotentikan pada konten. Keotentikan dalam penelitian ini dimaknai sebagai kualitas konten buku dalam menyediakan ‘task’ bagi siswa yang menyerupai konteks yang sebenarnya dalam bahasa target, baik yang dibuat, diadopsi, atau diadaptasi. Materi otentik sangat penting bagi siswa karena terdapat aspek budaya dan latar belakang yang memberikan siswa gambaran bagaimana bahasa target digunakan dalam konteks yang sebenarnya sehingga siswa juga akan lebih termotivasi karena bahasa target yang dipelajari didalam kelas benar-benar bisa diaplikasikan di kehidupan nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang (1)Keotentikan ‘writing task’ berdasarkan genre dari ‘writing task’ dan (2) Keotentikan writing task berdasarkan practice-nya di Buku Bahasa Inggris Kelas untuk siswa SMA/SMK/MA Kelas 11. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Data didapatkan melalui teknik observasi writing task dan kemudian di analisis menggunakan kategorisasi writing task menurut Raimes (1983). Hal ini dilakukan untuk menghindari keambiguan dalam menentukan apakah suatu task termasuk kedalam keterampilan menulis atau ketermapilan yang lain. Kemudian data yang sudah dikumpulkan dianalisis keotentikannya berdasarkan dua features, yakni genre dan practice. Hasil penilitian menunjukkan bahwa writing task di BI otentik karena meliputi genre yang beragam dengan tujuan dan sasaran yang spesifik. Selain itu writing task di BI juga mengandung keotentikan karena menginstruksikan siswa untuk (1)menunjukkan atau menciptakan respond (performing respond),(2)memberikan situasi yang menyerupai kehidupan nyata (providing real life), mengaplikasikan materi pokok yang sudah ditetapkan (Applying knowledge), (3) Fleksibel terhadap siswa (Students-structured), dan pembuktian langsung (Direct Evidence). Sehingga berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan writing task di BI otentik baik dari segi genre maupun practice dari writing tasks.

Kata Kunci: keotentikan, analisis, writing task, genre writing task, practice writing task

Abstract

The existence of authentic materials in the students’ textbook make the textbook have more benefit, which is providing authenticity in this case. Authenticity is the quality of material/content of authentic materials which has been adapted or adopted in students’ textbook in designing task or text resembling real life. Authentic materials are important because they contain cultural aspects and show the learner how native speakers use the target language in every aspect of their lives. The aim of this research is to find out the authenticity of writing the task in Buku Bahasa Inggris Kelas untuk siswa SMA/SMK/MA Kelas 11 in terms of (1) the genre of the writing tasks (2) the practice of the writing task. The approach of this study is Qualitative. The data is gathered through observing and analyzing the tasks using the categorization of writing task proposed by Raimes (1983). This is done to avoid the ambiguity if a task belongs to writing skills or any other skill. Furthermore, the data gathered is found out its authenticity in terms of the genre and the practice of the writing task as the features of authenticity. The result shows that in term of the genre, the writing tasks provide variously genres with various specific purposes and speech community. In terms of the practice, the writing task providing authenticity by asking students to perform respond, providing students with a real context in L2, asking students to apply the knowledge they’ve learned, giving students flexibility in doing the task, and providing questions that are cognitively demanding to students. Therefore, the writing tasks in the textbook are authentic in terms of the practice and the genre of the writing tasks.

Keywords: authenticity, analysis, writing task, the genre of writing task, the practice of writing task

Published
2019-07-18
How to Cite
YULINDA FANSURIYAH, I. (2019). The Analysis of The Authenticity of Writing Task in ‘ Buku Bahasa Inggris untuk Siswa SMA/SMK/MA Kelas 11’. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/29287
Section
Articles
Abstract Views: 121
PDF Downloads: 152