The Implementation of TPACK in Teaching Writing Recount Text in a Senior High school Level

  • SALMA EKA PUTRI

Abstract

Abstrak

TPACK adalah kerangka kerja terbaru yang digunakan untuk mengintegrasikan pedagogi, konten, dan teknologi di kelas. Kerangka kerja ini mencoba mengidentifikasi sifat pengetahuan yang dibutuhkan oleh guru untuk menggunakan teknologi saat mengajar. Namun, ada beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa siswa belajar lebih baik dari buku daripada layar. Oleh karena itu, penelitian ini menjelaskan dan fokus pada penerapan TPACK dalam mengajar menulis Teks Recount. Kesenjangan dapat diatasi jika guru dapat mengatur teknologi dan aspek lainnya dengan baik. Peneliti melakukan penelitian ini dalam studi kualitatif dasar dan instrumennya adalah field notes, students’ task dan semi structured interview untuk menjawab pertanyaan penelitian. Penelitian ini berlangsung di Sekolah Menengah Atas yang berlokasi di kota Surabaya. Subjek penelitian adalah satu guru dan 32 siswa di satu ruang kelas dan penelitian dilakukan dalam tiga pertemuan. Pada awal dan akhir penelitian ini, peneliti mewawancarai guru tentang penerapan TPACK saat mengajar Teks Recount. Dari penelitian, menunjukkan bahwa siswa lebih memahami tentang subjek jika guru menggunakan teknologi saat mengajar. Guru yang mengajar dengan menerapkan TPACK akan membuat siswa lebih aktif dan lebih memahami tentang mata pelajaran yang akan diajarkan, apalagi guru memberikan kinerja terbaik dengan menerapkan teknologi saat mengajar. Peneliti juga menyimpulkan bahwa sebagian besar masalah yang dihadapi oleh guru adalah Technology Content Knowledge (TCK).

Kata Kunci: TPACK, teknologi, menulis, teks recount.

Abstract

TPACK is a recent framework that is used to integrate pedagogy, content, and technology in the classroom. This framework attempts to identify the nature of knowledge required by teachers for using technology while teaching. However, there are some research revealed that students learn better from books rather than screens. Therefore, this study explained and focused on the EFL teacher’s implementation of TPACK in teaching writing Recount Text. The gaps can be overcome if the teacher organize the technology and other aspects well. The researcher conducted this study in basic qualitative study and the instrument were field notes, students’ task and semi structured interview to answer research questions. This study took place in a Senior High School which located in the capital city of Surabaya. The subjects were one teacher and 32 students in one classroom and the study conducted in three meetings. In the beginning and the end of this study the researcher interviewed the teacher about the implementation of TPACK while teaching Recount Text. From the study, it shows that the students more understand about the subject if the teacher use technology while teaching. Teacher who teaches by implementing TPACK would make the students more active and understand more about the subject to be taught, moreover the teacher gives the best performance by implementing technology while teaching. The researcher also concluded that most problem faced by the teacher was Technological Content Knowledge (TCK).

Keywords: TPACK, technology, writing, recount text.


Published
2019-07-25
How to Cite
EKA PUTRI, S. (2019). The Implementation of TPACK in Teaching Writing Recount Text in a Senior High school Level. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/29641
Section
Articles
Abstract Views: 166
PDF Downloads: 420