Error Analysis of Ten Grader Students’ Writing

  • VINCENTIA BIAS ARUM CENDANA

Abstract

Abstrak

Menulis adalah suatu cara yang dapat digunakan siswa untuk melatih kemampuan mereka dalam membuat kalimat berbahasa Inggris. Menulis juga dapat dijadikan aktivitas yang dapat dilakukan untuk menuangkan ide, opini dan perasaan siswa yang berbentuk tulisan. Maka dari itu, siswa perlu menguasai beberapa aspek dalam menulis, seperti: pemilihan kata, mekanisme tulisan dan penggunaan bahasa untuk membuat text yang bagus. Tetapi, masih banyak siswa yang membuat kesalahan dalam memilih kata dan menyusunnya dalam bentuk kalimat berbahasa inggris. Hal ini sangat penting untuk dipahami agar dapat mengetahui dan menghindari berbagai jenis kesalahan dalam tulisan. Penelitian ini dilakukan untuk membantu guru mengenal dan mengetahui jenis-jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa dalam tulisan mereka dan membantu siswa untuk mengurangi kesalahan penulisan dalam menuliskan ide atau kalimat berbahasa inggris. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tulisan siswa sebagai objek penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari siswa kelas 10 yang berjumlah 36 siswa di SMA NEGERI 11, Manukan-Sidoarjo. Metode yang dipilih dalam penelitian ini adalah kualitatif yang di analisis dengan menggunakan tabel klasifikasi hasil dari identifikasi, deskripsi, penjelasan dan koreksi pada lembar tulisan siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, peneliti menemukan bahwa ada empat jenis kesalahan yang ada dalam tulisan siswa yaitu: kesalahan penambahan huruf/kata (Addition), penggunaan kata (Misinformation), pengurangan huruf/kata (Omission), kesalahan arti atau penempatan kata (Ordering) dan kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan penambahan huruf/kata (Addition) dan penggunaan kata (Misinformation).

Kata Kunci: Menulis, Kesalahan, Analisis Kesalahan

Abstract

Writing is a way to practice the students’ ability to produce any sentence in a Foreign Language. It can be used as an activity to help the students express the ideas, opinions, and feelings in a written form. Therefore, the students need to master several aspects of writing, like: grammar, mechanism, and language used for writing a good text. Yet, there were some students who still made errors in choosing and composing the words into a sentence in English. It is very important to understand in order to know and avoid errors in writing. This study purposed to help the teacher identify the types of error that the students made in their writing and assist the students to reduce the errors in writing any ideas or sentences in English. In this case, the researcher used students’ writing task as the object of this study. The data of this study taken from ten graders which contain 36 students in the Eleven Senior High School, Manukan-Sidoarjo. The method of this study used qualitative study which has been analyzed by using a classification table of identification, description, explanation, and correction from the students’ writing task. Based on the result of this study, the researcher found that there were four types of error which still found in students’ writing, such as addition, misinformation, omission, ordering and the most common errors which still exist in students’ task were Addition and Misinformation.

Keywords: Writing, Error, Error Analysis.

Published
2019-07-29
How to Cite
BIAS ARUM CENDANA, V. (2019). Error Analysis of Ten Grader Students’ Writing. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/29779
Section
Articles
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 294