Video Blog as a Media in Teaching Speaking Recount Text For Tenth graders

  • ZEFA ROSSALIA MAHAFI

Abstract

Bahasa Inggris adalah Bahasa universal karena semua orang menggunakannya sebagai Bahasa komunikasi secara global. Bahasa inggris berperan penting karena ia dilakukan di banyak aspek kehidupan manusia. Selain itu, kemampuan berbahasa Inggris sangat penting bagi siswa untuk berkomunikasi dengan orang lain. Maka dari itu, Bahasa Inggria harus dikuasai setiap orang, menulis maupun berbicara dalam Bahasa Inggris. Juana (2012) menyatakan bahwa ada beberapa factor psikologi yang memberikan effek pada keterampilan berbicara siswa seperti takut, kurang motivasi, gugup, dan sebagainya. Video blog adalah salah satu media yang dapat membantu siswa merasa nyaman dan menikmati ketika belajar Bahasa Inggris. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan video blog dapat membantu siswa dalam berbicara teks recount. Penelitian ini menggunakan penelitian deskripstif kualitatif sebagai metode pengumpulan data. Subjek dari penelitian ini ialah guru Bahasa Inggris dan siswa-siswa dari kelas sepuluh di SMA Negeri 1 Blitar. Sementara itu, teknik pengumpulan data adala observasi dan pekerjaan siswa. Oleh sebab itu, instrument yang digunakan ialah catatan lapangan dan pekerjaan siswa. Berdasarkan data yang telah di dapat, guru telah mengimplementasikan video blog secara bertahap. Selain itu, sebagian besar siswa menunjukan bahwa mereka mendapat skor yang sangat baik hingga baik bahkan beberapa siswa mendapat skor yang sangat tinggi.

Kata Kunci: Video Blog,media, kemampuan berbicara, teks recount

Abstract

English is universal language since everyone uses in the global communication. It has an important role because it used for many aspects in people daily life. Moreover, English speaking ability is important for the learners while communicating with the others. Thus, English should be mastered for everyone, both written and spoken English language. Juana (2012) stated that there are some psychology factors that give effect to students’ speaking skill such as getting afraid, lack of motivation, nervous, and so on. Video blog is one of media that can help the students to enjoy practicing English language. Therefore, it is necessary to conduct the research in order to know how the implementation of video blog can help the students in speaking recount text. This research is descriptive qualitative research. The subjects were English teacher and her students of tenth graders in Senior High School 1 Blitar. Moreover, the data collection techniques were observation and students’ works. Meanwhile, the research instruments used were field notes and students’ works. Based on the data, the result of the study showed that the teacher implemented the video blog sequentially. Furthermore, most of the students showed that they got very good to good level even few students in excellent level.

Keywords: Video Blog, media, speaking, recount text
Published
2019-11-20
How to Cite
ROSSALIA MAHAFI, Z. (2019). Video Blog as a Media in Teaching Speaking Recount Text For Tenth graders. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 7(4). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/30929
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 84