The Implementation of Problem Based Learning in Teaching Speaking Analytical Exposition Text to Eleventh Grades

  • MEY JAYA PUSPITASARI

Abstract

Abstrak

Berbicara adalah salah satu keterampilan penting dalam Bahasa Inggris karena berbicara merupakan keterampilan produktif yang digunakan untuk berkomunikasi antar dua orang atau lebih. Fungsinya adalah untuk menjaga hubungan sosial supaya tetep terjalin dengan baik. Namun, mengajar berbicara tidaklah mudah dan membutuhkan perhatian khusus, walaupun berbicara merupakan salah satu pelajaran yang menarik bagi siswa. Untuk mengatasi hal ini, model Pembelajaran Berbasis Masalah diterapkan dalam proses belajar mengajar guna membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengambarkan penerapan dari model Pembelajaran Berbasis Masalah, untuk mengetahui kinerja siswa dan respon siswa selama menerapkan model pembelajaran ini dalam pengajaran teks eksposisi analitik di kelas XI. Penelitian ini diterapkan di kelas XI SMA dengan desain penelitian kualitatif. Peneliti melakukan pengamatan, memberikan tugas kepada siswa, dan melakukan wawancara kepada siswa. Instrumen yang digunakan peneliti adalah catatan observasi, hasil berbicara siswa dan hasil wawancara. Berdasarkan data yang diperoleh, model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat diterapkan dalam pembelajaran teks eksposisi analitik, khususnya dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa karena kegiatan yang terdapat dalam model pembelajaran ini sangat sesuai untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Kata kunci: Berbicara, Kurikulum, Teks Analitik, Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah.

Abstract

Speaking is one of the important skills in English because it kind of productive skill that use to communication between two people or more. The function is to communication in a society in order to keep the relationship well. However, teaching speaking is not easy and need special attention although teaching speaking is kind of the interesting subject for the students. To overcome this problem, PBL model can be applied in teaching learning process in order to help the students increase their speaking skill. Therefore, the objective of this study are to describe the implementation of PBL in teaching speaking, the student’s performance and the student’s response during the implementation of PBL as a model in teaching speaking analytical exposition text to eleventh grades. This study was applied to the eleventh grades of Senior High School and conducted in qualitative research design. Then, to collect the data the researcher did an observation, gave the student’s task and did an interview. The instruments used to collect the data are observation field note, student’s speaking result and interview. Based on the data, the result of this study shows PBL can be implemented in teaching speaking analytical exposition text because this the activities in teaching and learning process is appropriate to increase the student’s speaking skill.

Keywords: Speaking, Curriculum, Analytical text, Learning Model, Problem-Based Learning.

Published
2019-11-27
How to Cite
JAYA PUSPITASARI, M. (2019). The Implementation of Problem Based Learning in Teaching Speaking Analytical Exposition Text to Eleventh Grades. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 7(4). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/31015
Section
Articles
Abstract Views: 473
PDF Downloads: 561