Mind Mapping Strategy in Teaching Reading of Report Text for Thenth Graders

  • ALFIANITA DEFI

Abstract

Abstrak

Strategi mind mapping adalah strategi yang menggunakan seluruh otak untuk menghasilkan kesan yang penting dengan menggunakan visual dan grafik lainnya. Penggunaan strategi ini adalah salah satu cara untuk mengajar di semua kelas dan dalam beberapa jenis teks. Di penelitian ini, peneliti fokus pada penerapan strategi mind mappingdalam membaca teks Report, khususnya bagaimana proses pengajaran membaca dengan menggunakan strategi mind mapping untuk siswa kelas X dan bagaimana tanggapan siswa pada penerapan strategi mind mapping dalam pengajaran membaca teks Report.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan studi interpretatif dasar. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Inggris dan 36 siswa X-IPS 3 di SMAN 1 PORONG. Instrumen yang digunakan peneliti adalah catatan lapangan, wawancara dan kuesioner. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi mind mapping dalam pengajaran membaca teks Report berjalan dengan sukses. Hasil menunjukan bahwa guru telah menggunakan tahapan mengajar yang sesuai dengan kegiatan membaca, yaknikegiatan awal membaca, kegaiatan inti membaca, dan kegiatan akhir membaca. Selain itu, guru juga telah menguasai strategi mind mapping. Kemudian, berdasarkan kuesioner yang diisi oleh siswa, kebanyakan dari mereka memberikan tanggapan yang positif, banyak siswa yang menyukai strategi ini. Para siswa merasa senang ketika membaca, hal ini dikarenakan strategi ini dapat membantu siswa untuk memahami teks dan mengingatnya lebih mudah. Strategi mind mapping juga dapat menumbuhkan kreativitas para siswa dan membuat mereka semakin tertarik untuk membaca karena mereka dapat belajar dengan menggambar. Namun, ada beberapa siswa yang mengalami hambatan untuk membuat mind map dikarenakan beberapa dari mereka bingung untuk mencari informasi penting dan tidak mahir dalam berbahasa Inggris. Untungnya, hambatan hambatan tersebut tidak mempengaruhi kemampuan mereka untuk membuat mind map dalam membaca teks report.

Kata Kunci: Strategi Mind Mapping, Membaca, Teks Report.

Abstract

Mind mapping is a strategy to use the entire brain to generate a significant impression by using visual and other graphics. Using mind mapping strategy is one of the ways to teach in all graders. The researcher focus on the implementation of mind mapping strategy in reading of Report Text, specifically in how the process of teaching reading by using mind mapping strategy for students of tenth graders and how the students’ responses on the implementation of mind mapping strategy in teaching reading of Report Text.This study used basic interpretive qualitative studies. The subjects of the study were an English teacher and 36 students of X-IPS 3 in SMAN 1 PORONG. The instruments that the researcher used were field notes, semi-structured interview, and open-ended questionnaire. From the result, it can be concluded that the implementation of mind mapping strategy in teaching reading of Report The text was successful. It was shown that the teacher used the appropriate teaching stages in a good way and the teacher was already mastered in this strategy. Furthermore, most of the students give positive responses because they like to use this strategy. They felt happy when they read the text because this strategy could help them to get better comprehend in reading and remember the text easily. Mind mapping strategy also could build the students’ creativity and made them more interested to read because they could learn by drawing. However, some students had challenges to make mind map because some of them confuse to find the important information and they did not master in English. Fortunately, those challenges did not influence their ability to do mind mapping in a reading of Report Text.

Keywords: Mind Mapping Strategy, Reading, Report Text.
Published
2019-12-18
How to Cite
DEFI, A. (2019). Mind Mapping Strategy in Teaching Reading of Report Text for Thenth Graders. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 7(4). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/31259
Section
Articles
Abstract Views: 355
PDF Downloads: 348