The Use of Self-Regulated Learning Strategies by Good Learners of English Department Students in English Language Learning

  • RIZKA IRSYADELLA

Abstract

Abstrak

Untuk menjadi pembelajar Bahasa Inggris yang sukses, siswa pembelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) perlu menetapkan tujuan belajar, menemukan cara belajar yang tepat, serta mengontrol proses belajar mereka. Di tingkat universitas, menjadi pelajar mandiri sangat diperlukan karena mereka harus bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri. Karena para siswa perlu mempertahankan kompetensi mereka dan bertanggung jawab untuk pembelajaran mereka sendiri, penting bagi mereka untuk menjadi siswa yang mempunyai regulasi diri. Oleh karena itu, melibatkan strategi mereka dalam pembelajaran Bahasa Inggris mereka sendiri, dan mengevaluasi keterampilan berbahasa Inggris mereka di akhir latihan dapat membantu mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan strategi pembelajaran regulasi diri (SRL) yang digunakan oleh pembelajar bahasa yang baik, serta bagaimana mereka mempelajari strategi SRL dalam meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris mereka. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif kepada lima mahasiswa. Analisis data yang dikumpulkan dari wawancara dan jurnal reflektif menunjukkan bahwa, pertama, pembelajar yang baik menggunakan berbagai strategi SRL dalam empat dimensi; kognitif, motivasi, sosial, dan afektif, dan kedua, pembelajar yang baik mempelajari strategi SRL mereka secara mandiri, dari teman sebaya, dan juga guru. Implikasi dari temuan ini didiskusikan bersama dengan saran dan penelitian lebih lanjut.

Kata kunci: Strategi Pembelajaran Regulasi Diri (SRL), Strategi Pembelajaran Bahasa (LLS), Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL).

Abstract

In order to be successful second language learners, EFL students need to establish goals, find appropriate ways of learning, and control their learning processes. At the university level, becoming an independent learner is required because a student needs to take responsibility for his or her own learning. Since the students need to maintain their competency and are responsible for their learning, it is essential for them to be self-regulated learners. Therefore, involving their strategy in their language learning and evaluating their skill at the end of the practice can help foster their English ability. This research aims to explore the use of self-regulated learning (SRL) strategies applied by good language learners and how they learn SRL strategies in enhancing their English skills. This research was conducted qualitatively to five undergraduate participants. The analysis of the data gathered from interviews and reflective journals showed that, first, the good learners employed a range of SRL strategies in four dimensions; cognitive, motivational, social, and effective, and second, the good learners learned their SRL strategies by themselves, and also from peers and instructors. The implications of these findings are discussed together with suggestions and further research.

Keywords: Self-Regulated Learning Strategies, Language Learning Strategies, English as a Foreign Language

Published
2020-01-20
How to Cite
IRSYADELLA, R. (2020). The Use of Self-Regulated Learning Strategies by Good Learners of English Department Students in English Language Learning. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/31819
Section
Articles
Abstract Views: 204
PDF Downloads: 785