The Implementation of Folktales Picture Series as a Visual Media in Teaching Speaking of Narrative Text for Tenth Graders
Abstract
Abstrak
Gambar seri cerita rakyat adalah bagian dari media visual yang bisa digunakan dalam mengajar naratif teks. Dalam pembelajaran naratif teks siswa sebagian besar diminta untuk menceritakan sebuah cerita, itulah mengapa dalam hal ini penting bagi siswa untuk mengoeganisasi cerita mereka. Dengan demikian, dalam penelitian ini, peneliti akan mendeskripsikan cara guru dalam menggunakan gambar berseri cerita rakyat dalam mengajar berbicara teks naratif, masalah yang dihadapi dan cara mengatasi masalah tersebut. Peneliti melaksanakan penelitian dengan menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini diambil di SMAN 1 Badegan. Untuk subjek penelitiannya adalah guru dan siswa. Instrumen penelitiannya yakni catatan observasi lapangan dan interview. Selain itu, dalam menganalisis data, data tersebut disusun dan dibiasakan, dikorekan dan direduksi, dan ditafsirkan kemudian direpresentasikan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam penggunaan gambar seri cerita rakyat ada tiga tahap dalam mengimplementasikan media ini. Tahapan tersebut ialah pre activity, whilst activity dan post activity. Disisi lain, terdapat beberapa hambatan yang terjadi seperti gambar yang membingungkan, gambar yang tidak jelas, dan terlalu banyak gambar. Cara mengatasinya , guru memoertimbangkan gambar yang sesuai denga kriteria dalam pemilihan gambar, lalu mendistribusikan gambar berwarna dan memilih untuk menggunakan LCD proyektor untuk menampilkan gambar. Dengan demikian, peneliti menyarankan kepada guru bahasa Inggris untuk lebih memperhatikan dalam hal menyiapkan dan menyeleksi media. Selain itu, untuk peneliti selanjutnya, mereka harus mengeksplor penggunaan media ini dengan cara yang lain.
Kata Kunci: Gambar seri cerita rakyat, Media visual, Mengajar Berbicara, Naratif teks
Abstract
Folktales picture series is part of visual media that can be used in teaching speaking narrative text. In learning narrative text students are mostly asked to tell a story, that is why it is important for students to organize their story. Thus in this study, the researcher will describe the way how teacher use folktales picture series in teaching speaking of narrative text, the obstacles, and the way to overcome it. The researcher conducted this researcher by using qualitative research. The setting was taken at SMAN 1 Badegan. For the subjects of study were the teacher and the students. The research instruments were field notes observation and interview. Moreover, in analyzing the data, it was organized and familiarized, coded and reduced, and interpreted and represented. The result showed that in using folktales picture series there are three phase in implementing this media. Those phase are pre activities, whilst activities and post activities. On the other hand, there are some problems occurred such as confusing pictures, unclear pictures and too many numbers of pictures. For the way in overcoming the obstacle, teacher considered pictures that was suitable with criteria in selecting the pictures, distributed full color picture to each student and preferred to use LCD projectors in showing the pictures. Thus the researcher suggests to the English teacher to be more pay attention in selecting and preparing the media. Besides, for further researchers, they must explore the use of this media in different way.
Keywords: Folktales Picture Series, Visual Media, Teaching Speaking, Narrative Text
PDF Downloads: 120