THE EFFECT OF EXTERNAL FACTORS’ OF SELF-EFFICACY TOWARDS STUDENTS’ PERFORMANCE IN PUBLIC SPEAKING EXTRACURRICULAR IN SENIOR HIGH SCHOOL

  • Any Sofiati

Abstract

Abstrak

Kepercayaan diri adalah faktor utama untuk memulai tindakan apa pun, terutama untuk berbicara dalam pembelajaran EFL. Berbicara adalah tempat eksklusif untuk komunikasi yang efektif di antara keterampilan bahasa, dan kepercayaan diri adalah salah satu aspek psikologis yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam menguasai keterampilan. Karenanya inilah alasan utama mengapa siswa diharapkan memiliki keterampilan yang baik dalam berbicara di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepercayaan diri siswa dalam berbicara di depan umum, apa saja faktor eksternal yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa dalam berbicara di depan umum dan bagaimana mereka mempertahankan efikasi diri mereka dalam berbicara di depan umum. Penelitian ini dirancang menggunakan kualitatif untuk 15 siswa kelas sepuluh sekolah negeri di Surabaya yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler berbicara di depan umum. Rubrik penilaian bahasa lisan holistik, wawancara dan catatan lapangan digunakan oleh peneliti sebagai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa yang berbicara di depan umum memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi saat melakukan berbicara di depan umum. Peneliti menemukan faktor eksternal yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa. Yakni; pengalaman penguasaan, pengalaman orang lain dan keadaan fisiologis. Hasil akhir dari penelitian menunjukkan bahwa pengaruh faktor eksternal efikais diri siswa mempengaruhi kinerja siswa.

Kata kunci: efikasi diri, factor eksternal efikasi diri, berbicara di depan umum

Abstract

Self-efficacy is a prominent factor to start any action, particularly to speak in EFL learning. Speaking is an exclusive place for effective communication among language skills, and self-efficacy is one of the psychological aspects which affecting the success of students in mastering the skill. Hence this is the main reason why students are expected to have good skills in public speaking. This research aims to find out how are the students’ self-efficacy in public speaking, what are the external factors of students’ self-efficacy that affecting students’ speaking performance in public speaking and how they maintain their self-efficacy in public speaking. This research was designed using qualitative to 15 students tenth graders of a government school in Surabaya who joined public speaking extracurricular. A holistic oral language scoring rubrics, interview and field notes were used by the researcher as the instruments. The result showed that most of public speaking students’ have a high level of self-efficacy while performing in public speaking. The researcher found the external factors which affecting students’ self-efficacy. Those are; mastery experience, vicarious experience and physiological states. The final showed that the effect of external factors of students self-efficacy is affecting the students’ performance.

Keywords: self-efficacy, the external factors of self-efficacy, public speaking


Published
2020-02-20
How to Cite
Sofiati, A. (2020). THE EFFECT OF EXTERNAL FACTORS’ OF SELF-EFFICACY TOWARDS STUDENTS’ PERFORMANCE IN PUBLIC SPEAKING EXTRACURRICULAR IN SENIOR HIGH SCHOOL. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/32205
Section
Articles
Abstract Views: 159
PDF Downloads: 72