THE IMPLEMENTATION OF PEER FEEDBACK USING INSTAGRAM IN LEARNING WRITING RECOUNT TEXT FOR EFL STUDENTS AT SENIOR HIGH SCHOOL LEVEL

  • Jawarun Nahru State University of Surabaya

Abstract

Abstrak

Menulis adalah salah satu dari 4 keterampilan bahasa dalam mempelajari Bahasa Inggris. Dengan demikian, siswa diminta untuk menguasainya. Masalah yang ada dalam proses belajar mengajar menulis adalah guru hanya memberikan skor ketika meminta siswa untuk menulis paragraf atau teks. Inilah yang membuat murid tetap bingung dengan materi dan tidak menyadara keselahannya. Hal ini, membuat kemampuan menulis siswa tidak mengalami peningkatan sama sekali. Masalah lainnya adalah siswa butuh teknik yang baru untuk membuat mereka tidak bosan pada kelas menulis. Salah satu teknik yang menarik adalah dengan mengimplementasikan peer feedback atau umpan balik menggunakan Instagram pada pembelajaran menulis teks Recount. Beberapa tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bagaimana implementasi dan persepsi siswa terhadap pengimplementasian umpan balik menggunakan Instagram dalam pembelajaran menulis teks Recount untuk siswa Bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang dipelajari pada level SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan 32 peserta kelas X MIPA 3 di SMA N 1 Kota Mojokerto yang diperoleh dari pengamatan, catatan peneliti, kuesioner dan wawancara semi struktur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi umpan balik menggunakan Instagram dalam pembelajaran menulis teks Recount adalah sukses dan berjalan dengan baik untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis mereka. Selanjutnya, siswa juga menunjukkan persepsi positif dalam memotivasi, meningkatkan berpikir kritis, dan membuat mereka percaya diri dalam menulis. Para siswa mendukung pengimplementasian umpan balik menggunakan Instagram pada pembelajaran menulis karena mereka tertarik dan senang selama pelajaran. Peneliti memberikan saran kepada guru dan peniliti selanjutnya untuk mengimplementasikan umpan balik menggunakan Instagram pada keterampilan bahasa yang lain atau jenis teks lainnya di pembelajaran bahasa Inggris

Kata kunci: Pengimplementasian, Umpan Balik, Instagram, Menulis Teks Recount, Persepsi Siswa

 

Abstract

Writing is one of four language skills in learning English that asked the students to be mastered. Since the problem in teaching and learning writing process is the teacher only give score when asking the students to write paragraph or text. It makes the students still confused with the material and do not realize their mistake. This case makes students’ writing performance does not improve at all. Other cases are the students need a new technique to make them not bored in writing class. One of the interesting techniques is implementing peer feedback using Instagram in learning writing recount text. This study aims to find out how to implement and students’ perception towards the implementation of peer feedback using Instagram in learning writing recount text for EFL students at Senior High School Level. This research used a qualitative method with 32 participants of X MIPA 3 at SMA N 1 Kota Mojokerto derived from sets of observation, field notes, questionnaires, and semi-structured interviews. The result of this study showed that the implementation of peer feedback using Instagram in learning writing Recount text was going well to help the students improve their writing ability. Furthermore, the positive perceptions also showed by the students in motivating, increasing critical thinking, and making them confident in writing. The students supported the implementation of peer feedback using Instagram in learning writing because they are interested and happy during the lesson. Then, the researcher suggests to the teacher and future researcher is to implementing peer feedback using Instagram in ELT to other skills or types of text.

Keywords: Implementation, Peer Feedback, Instagram, Writing Recount Text, Students’ Perception

Published
2020-06-19
How to Cite
Nahru, J. (2020). THE IMPLEMENTATION OF PEER FEEDBACK USING INSTAGRAM IN LEARNING WRITING RECOUNT TEXT FOR EFL STUDENTS AT SENIOR HIGH SCHOOL LEVEL. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 8(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/33366
Section
Articles
Abstract Views: 182
PDF Downloads: 142