THE IMPLEMENTATION OF LISTEN AND DRAW GAME IN TEACHING PREPOSITION OF PLACE TO THE FIFTH GRADERS OF MI. DARUL MUTTAQIN NGEPUNG

  • ANIS SULISTYA RINI

Abstract

Beberapa pelajar di Sekolah Dasar mengeluhkan tentang sulitnya pelajaran bahasa asing yang mereka pelajari di sekolah. Terutama bahasa inggris. Bahasa yang memiliki suku kata, kosa kata dan pelafalan yang berbeda dengan bahasa mereka sendiri semakin menguatkan pandangan mereka bahwa memang bahasa inggris itu sulit. Preposition of place (kata depan yang menunjukan posisi) adalah salah satu komponen bahasa yang simple dan hanya terdiri dari satu sampai dua suku kata. Oleh karena itu, dalam proses belajar mengajar di lapangan, preposition of place jarang diajarkan sebagai bahan ajar utama, melainkan hanya sebagai bahan ajar tambahan. Sehingga pengajaran preposition of place hanya disampaikan sedikit dari alokasi waktu yang ada. Hal ini membuat siswa tidak menguasai penggunaan preposition of place dengan baik dan siswa sering merasa bingung jika di hadapkan dengan soal yang berkaitan dengan preposition of place.  Padahal penggunaan preposition of place sangat membantu siswa untuk berkomunikasi di dalam bahasa inggris dengan baik dan benar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan listen and draw game pada pengajaran preposition of place di kelas lima MI. Darul Muttaqin Ngepung, peningkatan penguasaan preposition of place siswa setelah belajar dengan menngunakan teknik listen and draw game, dan respon siswa terhadap penerapan listen and draw game di dalam proses belajar mengajar di kelas. Penilitian Tindak Kelas ini menggunakan dua metode, yakni kualitatif dan kuantitatif. Ada empat instrument yang digunakan untuk memperoleh data, yaitu catatan lapangan, ceklis observasi, kuis dan wawancara. Penelitian ini berlangsung sampai dua siklus.

Analisis data menunjukan bahwa listen and draw game dapat secara efektif di terapkan dalam pengajaran preposition of place, penguasaan preposition of place siswa meningkat dan respon yang baik yang ditunjukan oleh siswa saat bermain listen and draw game. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan listen and draw game berhasil untuk meningkatkan penguasaan siswa pada preposition of place dan mereka sangat tertarik dengan aktivitas menggambar dan mewarnai pada game tersebut. 

Keywords: game, preposition of place, fifth graders, listen and draw game

 

Abstract

Many young learners are reluctant to learn English because it is considered as difficult subject to learn. Moreover, if they have to learn a certain vocabulary or word which automatically has different spelling and pronunciation from their own language. Preposition of place is one of language components that refer to vocabulary. The problem is, some teachers do not aware that the use of preposition of place is very important in communication. That is why, it is only taught as the simple material that the students have to know. This makes the students do not master the use of preposition of place well.

In this study, the researcher interested in implementing listen and draw game in teaching preposition of place to the fifth graders of MI. Darul Muttaqin Ngepung. The goal of this study is to answer: how is the implementation of listen and draw game, how is the students’ mastery of preposition after the game implemented, and how is the students’ responses toward the implementation of the game. This is an action research with qualitative and quantitative method. There were four instruments used. Those were field notes, observation checklist, test, and interview. The researcher conducted the research in two cycles.

After analyzing the data, the researcher found that the game could be implemented effectively, students’ mastery of preposition improved and their responses were good. In conclusion, the implementation of listen and draw game was successful to improve the students’ mastery of preposition and almost the students were enjoying the game with drawing and coloring activity. Some students got improvement in their score related to the mastery of preposition test.

Kata Kunci: game, preposition of place, fifth graders, listen and draw game

 

Published
2013-07-30
How to Cite
SULISTYA RINI, A. (2013). THE IMPLEMENTATION OF LISTEN AND DRAW GAME IN TEACHING PREPOSITION OF PLACE TO THE FIFTH GRADERS OF MI. DARUL MUTTAQIN NGEPUNG. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/3426
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 54