THE USE OF ARTICLES IN THE INTENSIVE COURSE STUDENTS’ COMPOSITIONS OF UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • RAMDANI CITRA APRIYANTI

Abstract

Kemampuan untuk menyatakan pikiran dan pendapat baik secara lisan dan tertulis sangat penting saat ini. Hal ini diperlukan tidak hanya di pekerjaan, tetapi juga di bidang pendidikan. Oleh karena itu, siswa harus belajar dan berlatih untuk menulis dengan baik dan akurat. Keakurasian didalam penulisan itu penting untuk mendapatkan arti sebenarnya dan mengurangi kesalahan gramatikal yang dapat menyebabkan kalimat menjadi ambigu. Pembicara non-native termasuk orang Indonesia cenderung memiliki masalah yang berhubungan dengan keakurasian saat menemui hal yang tidak terlalu familiar dan berbeda dari L1 mereka. English article sangat penting karena digunakan untuk mengukur kepastian dan ketidakpastian suatu benda. Penggunaan article yang tepat dalam penulisan bahasa Inggris adalah suatu keharusan. Aturan dalam penggunaan English articles berbeda dengan penggunaan article didalam bahasa Indonesia. Studi ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dalam bentuk ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui keakurasian mahasiswa IC didalam menggunakan English article dan jenis article yang sulit untuk dikuasai oleh mahasiswa tersebut. Data yang digunakan yaitu karangan mahasiswa yang didapatkan setelah pretest dan posttest dilakukan oleh tim IC. Hasinya menunjukkan bahwa keakurasian mahasiswa dalam menggunakan English article masih rendah. Jenis article yang sulit dikuasai oleh mahasiswa IC adalah zero article Ø.

Kata Kunci: Program IC, Article, Karangan Mahasiswa.

 

Abstract

The ability to express thought and opinion both in spoken and in written is very important. It is needed not only in the job field but also in education. Therefore, students should learn and practice to write well and accurately. Accuracy in writing is important to get a good composition. It is important not only to get the actual meaning but also to reduce grammatical errors which can cause ambiguity within sentences. Non-native speakers of English including Indonesian tend to have problem in accuracy when dealing with terms which were unfamiliar and different from their L1. Articles are very important in English due to its necessity in measuring definiteness and indefiniteness of nouns. It is a must in English to use the correct article. The rules in using English articles are different from using articles in Bahasa Indonesia. This study was a descriptive quantitative in the form of ex post facto research which was aimed to find out the accuracy of the IC students in using the English articles and the most difficult article for them. The data are the students’ compositions obtained after a pretest and a posttest were administered by the IC team. The result shows that the students’ accuracy on the use of articles is still low. The most difficult article for the IC students was zero article Ø.

Keywords: IC Program, Articles, Composition.

 

 

Published
2013-07-30
How to Cite
CITRA APRIYANTI, R. (2013). THE USE OF ARTICLES IN THE INTENSIVE COURSE STUDENTS’ COMPOSITIONS OF UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/3430
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 26