THE IMPLEMENTATION OF “WHO AM I” GAME TO TEACH SPEAKING DESCRIPTIVE TEXT TO THE SEVENTH GRADERS OF SMPN 3 KRIAN

  • MOHAMMAD ALAN ARROSY B.

Abstract

Kebanyakan siswa siswi sekolah menengah pertama khususnya mereka yang duduk di bangku kelas tujuh selalu mengalami kesulitan untuk mempraktikkan kemampuan berbicara mereka dalam bahasa Inggris terutama dalam hal merangkai ide untuk kemudian disampaikan secara lisan. Oleh sebab itu, direkomendasikanlah penggunaan permainan “Who am I” untuk mengajarkan kemampuan berbicara khususnya dalam materi teks deskriptif.  Permainan“Who am I” merupakan jenis permainan tebak-tebakan yang menggunakan gambar orang sebagai media dalam permainan tersebut. Teks deskriptif adalah salah satu jenis teks bacaan yang mempunyai fungsi sosial untuk mendeskripsikan atau menggambarkan sebuah obyek tertentu seperti barang, manusia, tempat, dan lain-lain. Teks tersebut mendeskripsikan tentang penampilan dan ciri-ciri dari obyek tersebut (Wardiman dalam Bestari, 2011: 7).Tujuan-tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan permainan “Who am I” dalam pengajaran kemampuan berbicara untuk materi teks deskriptif, mendeskripsikan kemampuan berbicara siswa siswi dari hasil pembelajaran dengan menggunakan tehnik permainan “Who am I”, dan tujuan terakhir adalah untuk mendeskripsikan tanggapan siswa siswi terhadap penggunaan permainan “Who am I” dalam pengajaran kemampuan berbicara teks deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Subyekdari penelitian ini adalah siswa siswi kelas tujuh khususnya kelas tujuh A di SMPN 3 Krian-Sidoarjo yang terdiri dari 32 siswa. Alhasil, kemampuan berbicara siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dari peningkatan nilai secara signifikan yang dihasilkan oleh siswa dalam praktik berbicara mereka di kelas selama tiga kali pertemuan. Disamping itu, hasil kuesioner juga menunjukkan bahwa permainan “Who am I” terbukti secara baik dapat menarik minat siswa dan membantu mereka baik dalam hal mengikuti kegiatan belajar mengajar maupun merangkai ide-ide ketika mereka tampil berbicara dalam materi teks deskriptif.

Kata Kunci: berbicara, permainanWho am I,teksdeskriptif

 

Abstract

Most of Junior High school students especially the seventh graders always have difficulties to speak English especially in organizing the idea. Thus, the implementation of “Who am I” game to teach speaking descriptive text is recommended. “Who am I” game is a kind of guessing game which uses pictures of person as media in the game. Descriptive text is a type of text which has social function to describe or to picture a certain object including things, persons, places, etc. It describes about the appearances and the characteristics of the object (Wardiman in Bestari, 2011: 7). The aims of this study are to describe the implementation of the use of “Who am I”game to teach speaking descriptive text, describe the students’ speaking ability toward the implementation of “Who am I” game in teaching speaking descriptive text, and describe the students’ responses to the implementation of “Who am I” game in teaching speaking descriptive text.This study is a descriptive qualitative study. The subject was the seventh grade students of VII-A class of SMPN 3 Krian-Sidoarjo which consists of 32 students. As a result, the students’ speaking ability became better. It was shown from the significant development that the students made in their speaking performance in the game in three meetings. Besides, from the result of questionnaire, the game is well proved to be able interesting and helping the students in both participating and organizing ideas in speaking descriptive text.

Keywords: speaking, Who am I game, descriptive text

 

Published
2013-07-30
How to Cite
ALAN ARROSY B., M. (2013). THE IMPLEMENTATION OF “WHO AM I” GAME TO TEACH SPEAKING DESCRIPTIVE TEXT TO THE SEVENTH GRADERS OF SMPN 3 KRIAN. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/3440
Abstract Views: 188
PDF Downloads: 128