AN ANALYSIS OF SENTENCE LENGTH IN COMPOSITIONS MADE BY FRESHMEN ON PRE-TEST AND POST-TEST IN INTENSIVE COURSE

  • CRYSTAL GAYUH LESTARI

Abstract

Seperti yang diketahui bahwa menulis adalah sebuah kemampuan bahasa yang sulit untuk dikuasai, menulis menjadi sebuah fokus tersendiri dalam Program Intensive Course (IC) yang diadakan oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Unesa. Menulis adalah sebuah tolak ukur bagi penguasaan kemampuan berbahasa yang lain seperti mendengar, berbicara dan membaca. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui panjang kalimat yang dibuat mahasiswa tingkat baru dalam tulisan karangan pre-test dan  post-test. Dengan mengetahui panjang kalimat, perkembangan mahasiswa tingkat baru dalam level kemampuan berbahasa (proficiency level) juga dapat diketahui. Dalam perhitungannya, jumlah kata dalam kalimat dan T-unit digunakan untuk menentukan panjang kalimat. Selanjutnya, dari hasil penelitian diketahui lebih dari sample mahasiswa tingkat baru membuat tulisan dengan kalimat yang lebih panjang/kompleks atau pendek/sederhana. Selanjutnya, ditemukan juga bahwa kalimat panjang dan pendek harus dikombinasikan penggunaannya untuk menciptakan tulisan yang ideal. Perbedaan panjang kalimat yang digunakan pada pre-test dan post-test ini juga membawa pengaruh tersendiri bagi level kemampuan berbahasa siswa.

Kata kunci: panjang kalimat, T-unit, menulis dan IC

 

Abstract

Since writing is a skill that difficult to master, it becomes a center of attention in Intensive Course (IC) Program English Department Unesa. Writing is considered as the entailment of others language skill like listening, speaking and reading. Thus, this study aims to identify sentence length made by freshmen in pre-test and post-test composition in IC. By identifying the sentence length, it was also seen the progress of students’ proficiency level. Moreover, words count and T-unit are used as the instrument to measure the sentence length. As the result, it was seen that students’ create longer and shorter sentences in the post-test. It was also found that the use of long/complex and short/simple sentences should be combined to present an ideal writing. The difference of sentence length in the pre-test and post-test progressed particularly to students’ proficiency level.

Key words: sentence length, T-unit, writing and IC

Published
2013-07-31
How to Cite
GAYUH LESTARI, C. (2013). AN ANALYSIS OF SENTENCE LENGTH IN COMPOSITIONS MADE BY FRESHMEN ON PRE-TEST AND POST-TEST IN INTENSIVE COURSE. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/3459
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 16