USING “KWHHL CHART” (KNOW-WANT-HEAD WORDS-HEART WORDS-LEARNT) TO TEACH READING OF DESCRIPTIVE TEXT

  • INDAH ROHMAWATI

Abstract

Suzan Szabo (2006) memperkenalkan modifikasi terbaru dari strategi KWL yaitu strategi KWHHL. KWHHL singkatan dari Know (apa yang siswa ketahui), Want (apa yang siswa ingin ketahui), Head Words (kata-kata sulit), Heart words (emosi dan perasaan siswa tentang teks), dan Learnt (apa yang telah nsiswa pelajari) yang ditampilkan dalam bentuk grafik. Szabo (2006) menyatakan bahwa strategy tersebut sukses dan bisa mengatasi keterbatasan strategi KWL. Dengan demikian, penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimental karena digunakan untuk menguji teori Szabo (2006). Selain itu, penelitian ini juga digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan strategi table KWHHL dalam memahami bacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai posttest kelompok eksperimental dan kontrol. Dapat dikatakan bahwa penerapan dengan menggunakan grafik KWHHL efektif untuk mengajarkan membaca pemahaman teks deskriptif. Selain itu, para siswa merasa senang dan minat dalam proses belajar mengajar ketika menerapkan strategi tabel KWHHL. Mereka setuju bahwa strategi ini dapat memudahkan mereka untuk memahami teks.
Kata Kunci: Tabel KWHHL, Teks Deskriptif, Pemahaman Membaca.
Abstract
Suzan Szabo (2006) introduces the latest modification of KWL strategy that is KWHHL strategy. KWHHL stands for Know, Want, Head words, Heart words and Learnt which is showed in the form of chart. Szabo (2006) stated that it was a success and could overcome the limitation of KWL strategy. Thus, this research is classified as experimental quantitative research since it is used to test the theory of Szabo (2006). In addition, this study also used to know about students‟ response towards the use of KWHHL chart strategy in reading comprehension. The result showed that there is significant difference between the posttest scores of experimental and control group. It can be said that the treatment by using KWHHL chart was effective to teach reading comprehension of descriptive text. Moreover, the students feel enjoy and interest in teaching learning process while applying KWHHL chart strategy. They do agree that this strategy can ease them to comprehend a text.
Keywords: KWHHL Chart, Descriptive Text, Reading Comprehension.

Published
2013-07-31
How to Cite
ROHMAWATI, I. (2013). USING “KWHHL CHART” (KNOW-WANT-HEAD WORDS-HEART WORDS-LEARNT) TO TEACH READING OF DESCRIPTIVE TEXT. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/3473
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 20