Improving Senior High Students’ Speaking Ability to Describe a Place by Using Their Own Drawing

  • SELVI VANGESTIKA

Abstract

Terdapat beberapa faktor yang seharusnya para guru bahasa inggris perhatikan untuk mengajarkan berbicara bahasa Inggris yang dapat mempengaruhi kemampuan berbicara bahasa inggris siswa misalnya motivasi, panduan, kesiapan, pikiran, latihan, dan juga bagaimana cara otak manusia bekerja. Karena kegiatan belajar dan berfikir akan meningkat ketika kedua sisi otak digunakan secara seimbang. Peneliti menggunakan gambar yang dibuat oleh siswa itu sendiri untuk membangun ketertarikan siswa untuk lebih mempelajari bahasa inggris dan juga membuat kedua sisi otak mereka berjalan dengan seimbang. Peneliti ingin mengetahui apakah penggunaan gambar yang dibuat siswa itu sendiri efektif atau tidak untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris siswa dalam mendeskripsikan sebuah tempat. Dalam melaksanakn penelitian, peneliti menggunakan desain penelitian, percobaan dengan cara mengumpulkan data melalui pemberian ujian awal, perlakuan, dan ujian akhir. Terdapat dua kelompok dalam penelitian ini, kelas X-7 sebagai kelompok kontrol dan kelas X-8 sebagai kelompok percobaan. Terdapat 30 siswa disetiap kelompok. Kedua kelompok diberikan ujian awal dan akhir, tetapi hanya kelompok percobaan yang diberikan perlakuan. Peneliti menggunakan ujian berbicara bahasa inggris dan sebuah daftar pertanyaan sebagai alat untuk mendapatkan data dalam penelitian ini. Pada akhir penelitian ini, peneliti menganalisa data dari nilai ujian berbicara siswa. Data yang diperoleh dihitung secara statistik dengan menggunakan rumus t-test. Kemudian,, ditemukan bahwa t-table 2.00 dan t-value 13.16. t-value lebih tinggi dibandingkan dengan t-table (13.16 > 2.00) berarti terdapat peningkatan yang siknifikan pada kemempuan berbicara bahasa inggris siswa setelah mendeskripsikan sebuah tempat dengan menggunakan gambar yang mereka buat sendiri. Selain itu, berdasarkan hasil dari daftar pertanyaan, para siswa setuju bahwa penggunaan gambar yang mereka buat sendiri sangat membantu mereka. Jadi, para siswa setuju jika gambar yang mereka buat sendiri digunakan sebagai media dalam pengajaran berbicara bahasa inggris teks deskripsi. Peneliti menyimpulkan bahwa gambar yang dibuat oleh siswa itu sendiri adalah sebuah media yang efektif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris mereka. Oleh karena itu, diusulkan kepada para guru bahasa inggris untuk menggunakan media ini sebagai salah satu alternative untuk mengajar berbicara bahasa inggris. Selain itu, diusulkan pula kepada peneliti yang akan datang untuk menemukan subyek dan media lain di masa depan yang dapat diteliti agar mendapatkan penelitian yang lebih baik.
Kata Kunci: Gambar yang Dibuat Oleh Siswa Sendiri, Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris, Deskripsi.
Abstract
There are some factors that the English teacher should consider to teach speaking which can influence the students‟ speaking ability namely motivation, guidance, readiness, think, practice and also how human‟s brain works. Since learning and thinking are increased when both sides of the brain are used in a balanced manner. The researcher used students‟ own drawing to build the students‟ interest to learn English more and also make both sides of their brain are balance. The researcher wanted to find out whether the use of students‟ own drawing is effective or not to improve the students‟ speaking ability in describing a place and also to know the students‟ responses towards this media to describe a place. In conducting the research, the researcher used experimental research design by collecting the data through giving pre-test, treatment and post-test. There were two groups in this research, X-7 as the control group and X-8 as the experimental group. There were 30 students in each group. Both groups were given pre-test and post-test however only the experimental group that were given the treatment. The researcher used speaking test and a questionnaire as the instruments of this research. In the end of the research, the researcher analyzed the data of the students‟ speaking test score. The data was calculated statistically using t-test. Then, it was found that the t-table was 2.00 and the t-value was 13.16. The t-value was higher than the t-table (13.16 > 2.00) meaning there was significant improvement on the students‟ speaking ability after describing a place using their own drawing. Moreover, based on the result of the questionnaire, the students agree that the use of their own drawing is very helpful for them. Thus, the students agree if their own drawing is used as media in teaching speaking descriptive text. The research concluded that students‟ own drawing is an effective media that can be used to improve their speaking ability. Therefore, it is suggested that English teachers to use this media as one of the alternatives to teach speaking. Besides, it is also suggested to future researcher to find the other subject and media in future that can be observed in order to get better research.
Keywords: Students‟ Own Drawing, Speaking Ability, Descriptive.

Published
2013-07-31
How to Cite
VANGESTIKA, S. (2013). Improving Senior High Students’ Speaking Ability to Describe a Place by Using Their Own Drawing. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/3476
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 18