PROMOTING LEARNERS’ AUTONOMY THROUGH LISTENING LOGS IN LISTENING CLASS

  • Putu Tita Warda Sinta Dewi Universitas Negeei Surabaya

Abstract

Abstrak

Autonomi siswa telah dipandang sebagai tujuan dalam pembelajaran bahasa asing karena menekankan pada peran siswa dalam pembelajaran mereka sendiri. Dalam pembelajaran listening, guru mengalami kesulitan dalam memberikan siswa kesempatan untuk berlatih. Dalam studi ini, implementasi jurnal mendengar untuk meningkatkan autonomi siswa dalam kelas mendengar akan difokuskan dengan tujuan (1) mempelajari bagaimana pengajar mengimplementasikan jurnal mendengar untuk meningkatkan autonomi siswa dan (2) mempelajari bagaimana implementasi jurnal mendengar meningkatkan autonomi siswa. Studi ini akan mempelajari implementasi tersebut di dalam kelas Listening for General Communication kelas A pada sebuah universitas negeri di Surabaya. Terdapat 24 siswa dan 6 siswa akan difokuskan sebagai subyek yang diambil berdasarkan nilai kelas mendengar sebelumnya. Peneliti melakukan observasi sebanyak empat kali untuk mengumpulkan data mengenai bagaimana dosen mengenalkan dan memantau penerapan dari jurnal mendengar, dan pembelajaran mandiri oleh siswa. Selain itu, hasil dari wawancara dan analisis jurnal mendengar menunjukkan bahwa siswa mendapatkan keuntungan dari mengerjakan jurnal mendengar . Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pengajar mengenalkan jurnal mendengar secara umum serta memantau pekerjaan siswa selama beberapa kali. Selain itu, siswa dapat mengidentifikasikan kelemahan dan strategi mereka, serta memantau pembelajaran mereka untuk meningkatankan keterampilan tersebut.

Kata Kunci: autonomi siswa, jurnal mendengar, kelas mendengar.

 

Abstract

Learner Autonomy has been seen as a goal in foreign language learning because it emphasized the students’ role in their learning. However, in learning to listen, it is difficult for the teacher to give the students opportunities to practice. In this study, the implementation of listening logs would be focusing to promote the learner autonomy in listening class in which the aimed were to (1) investigate how the lecturer implements the listening logs to promote learner autonomy and (2) investigate how the implementation of listening logs promotes students’ learner autonomy. This study would see that implementation in the Listening for General Communication class A in a state university in Surabaya. There were 24 students and focused on 6 students as the subjects based on their score in the previous class. The researcher did observation for the fourth time to collect the data to see how the lecturer introduced and monitored the implementation of listening logs, and the students’ independent learning. Additionally, from the interview and listening logs analysis, the students get the advantages of doing the listening logs. Based on the results, it showed that the lecturer introduced the listening logs in general and monitor the students’ work for several times. Besides, the students could identify their weaknesses and strategies, and monitor their learning to improve their skills.

Keywords: learner autonomy, listening logs, listening class.

Published
2021-02-18
How to Cite
Dewi, P. (2021). PROMOTING LEARNERS’ AUTONOMY THROUGH LISTENING LOGS IN LISTENING CLASS. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 9(1), 73-79. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/35732
Section
Articles
Abstract Views: 205
PDF Downloads: 134