THE IMPLEMENTATION OF OUTDOOR CLASS ACTIVITY IN TEACHING SPEAKING DESCRIPTIVE FOR SEVENTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL

  • AHMAD REZA TRIFAHMI

Abstract

Seperti kita ketahui bahwa salah satu masalah yang paling penting dalam belajar mengajar bahasa Inggris saat ini yang dihadapi oleh siswa di Indonesia adalah kurangnya motivasi untuk belajar terutama dalam berbicara. Berikut dengan mengetahui bahwa motivasi untuk meningkatkan semangat siswa untuk menguasai kemampuan berbicara sangatlah penting, peneliti menyadari bahwa sangat penting untuk membuat siswa berlatih bahasa dalam ekspresi lisan melalui teknik menarik. Teknik yang dapat digunakan dalam mengajar berbicara dan memberikan menyenangkan dan lingkungan yang nyaman bagi siswa adalah melalui pelaksanaan kelas di lingkungan luar. Di kelas di luar ruangan siswa dapat menggambarkan obyek dalam realitas sehingga membuat mereka lebih mudah untuk menggambarkan object.peneliti menyatakan dua maslah dalam penelitian ini. Bagaimana pelaksanaan kelas di luar ruangan untuk mengajar berbicara deskriptif untuk kelas tujuh SMP? Dan bagaimana kemampuan siswa setelah pelaksanaan kelas di luar ruangan untuk berbicara deskriptif untuk kelas tujuh SMP? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 1 Sidoarjo. siswa adalah 28 orang. Penelitian ini dilakukan dalam tiga pengamatan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi checklist, wawancara dan catatan lapangan.siswa yang berada di luar ruangan kelas dapat mengatasi ketakutan mereka, kecemasan mereka, meningkatkan keterampilan komunikasi mereka, meningkatkan motivasi mereka. Ini membuat mereka sangat bahagia dan melakukan semua tugas dengan lancar. sehingga ketika mereka kembali mereka merasa siap untuk berbicara, para siswa merasa tidak ada kekhawatiran dan termotivasi, mereka merasa bahwa mereka dapat mengatasi semua ketakutan ketika mereka ingin berbicara. Juga dalam wawancara siswa semua dari mereka mengatakan bahwa kelas di luar ruangan meningkatkan pengetahuan mereka, meningkatkan kosa kata mereka, dan meningkatkan kreativitas mereka. Dan mereka semua mengatakan aktivitas di luar ruangan adalah membantu mereka sangat banyak untuk belajar berbicara deskriptif

.

Kata Kunci: kelas di luar ruangan, berbicara, text descriptif, berbicara deskriptif

 

Abstract

As we know that one of the most significant problems in teaching-learning English nowadays which is faced by students in Indonesia is the lack of motivation to learn it especially in speaking. Here by knowing that motivation to improve the students’ eagerness to master speaking ability is very important, the researcher realized that it is very important to make the students practice the language in a spoken expression through such interesting technique. The technique that can be used in teaching speaking and provide the joyful and comfortable environment for students is through conducting the class in outdoor environment. In outdoor class the students can describe the objects in reality so it makes them easier to describe the object.The writer stated two problems in this research. How is the implementation of outdoor class to teach speaking descriptive for seventh grade of junior high school? And how is the students’ ability after the implementation of outdoor class to teach speaking descriptive for seventh grade of junior high school? This study used Descriptive Qualitative method. Subjects in this study were the seventh grade students at SMPN 1 Sidoarjo. the students were 28 people. The research was conducted for in three observations. Collecting data in this study were used observation checklist, interview and field notes.With outdoor class students can overcome their fear, their anxiety, increase their communication skill, increasing their motivation. It makes them very happy and doing all the tasks smoothly. so when they come back they felt ready to speak, the students feel no worries and motivated, they felt that they can overcome all the boundaries when they want to speak. So that’s why all kinds of students present it well. Also in interviewing the students all of them said that outdoor class is increasing their knowledge, increasing their vocabulary, and increasing their creativity. And all of them saying outdoor activity is helping them very much to study speaking descriptive

 

           keyword: Speaking descriptive ,descriptive text, speaking,  Outdoor class

Published
2013-08-15
How to Cite
REZA TRIFAHMI, A. (2013). THE IMPLEMENTATION OF OUTDOOR CLASS ACTIVITY IN TEACHING SPEAKING DESCRIPTIVE FOR SEVENTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/3774
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 47