ROUNDTABLE BRAINSTORMING:  A TECHNIQUE TO IMPROVE THE WRITING ABILITY OF STUDENTS IN WRITING DESCRIPTIVE TEXTS

  • ETY DWI ASTUTI

Abstract

Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang memiliki fungsi yang sangat penting untuk pembelajar bahasa. Pada kenyataannya, kebanyakan siswa kesulitan dan mudah bosan dalam menulis. Karena itu, siswa sering mendapatkan nilai yang rendah. Untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa, guru – guru bahasa Inggris seharusnya menerapkan teknik yang efektif. Roundtable brainstorming adalah salah satu teknik yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar untuk menulis. Teknik ini diyakini mampu untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa khususnya dalam menulis teks deskriptif. Berhubungan dengan hal di atas, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai penggunaan roundtable brainstorming untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas sepuluh SMAN 12 Surabaya dalam menulis teks deskriptif. Penelitian ini diadakan untuk membuktikan apakan roundtable brainstorming dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas sepuluh SMAN 12 Surabaya dalam menulis teks deskriptif. Penulis menggunakan metode penelitian eksperimen dalam mengerjakan penelitiannya. Siswa kelas sepuluh SMAN 12 Surabaya merupakan subjek penelitian. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah tes menulis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa roundtable brainstorming dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas sepuluh SMAN 12 Surabaya dalam menulis teks deskriptif. Teknik tersebut dapat meningkatkan semua komponen menulis kecuali “mechanics”.

Kata Kunci: Menulis, teks descriptif, brainstorming, roundtable brainstorming.

 

Abstract

Writing is considered as one of the language skills which has very important role for language learners. In fact, the most of students get difficulty and easily get bored in writing. Because of that, the students often get the low score. To improve the writing ability of students, the English teachers have to apply the effective technique.  Roundtable Brainstorming is one of technique that can be used in teaching learning to write. It is expected to be able to improve the writing ability of the students especially in writing descriptive texts. Related to the above matters, the writer was interested to conduct the research about using roundtable brainstorming to improve the writing ability of ten grade students of SMAN 12 Surabaya in writing descriptive texts. This study is conducted to prove whether roundtable brainstorming can improve the writing ability of grade ten students of SMAN 12 Surabaya in writing descriptive texts. The writer used experimental research in doing her study. The grade ten students of SMAN 12 Surabaya were the subject of the study. The instrument used for this research was writing test. The results of the study show that roundtable brainstorming can improve the writing ability of grade ten students of SMAN 12 Surabaya in Writing Descriptive Texts. It can improve all the components of the students’ composition except “mechanics”.

Keywords: Writing, descriptive texts, brainstorming, roundtable brainstorming.  

 

Published
2013-08-15
How to Cite
DWI ASTUTI, E. (2013). ROUNDTABLE BRAINSTORMING:  A TECHNIQUE TO IMPROVE THE WRITING ABILITY OF STUDENTS IN WRITING DESCRIPTIVE TEXTS. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/3780
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 61