Improving Students’ Speaking Ability By Using Cartoon Film

  • NORMA PRAYOGI

Abstract

 

 

The background of this research is based on phenomenon that VIII-E Class students’ of SMPN 2 Taman in the academic year of 2012/2013 ability in speaking needs to be improved. Some of them were still lazy or even discourage to speak English because they don’t have enough idea of what to speak. The use of films as media in teaching narrative is expected to activate students’ imagination, so that they will have something to speak.

The purpose of this research can be stated as follow:

(1) To describe the teaching narrative speaking using cartoon film that is implemented to improve students’ speaking skill at VIII-E class of SMPN 2 Taman in the academic year of 2012/2013.

(2) To identify the students’ speaking ability after being taught using cartoon film.

This is an action research. The objects of this research are the students in VIII-E class of SMPN 2 Taman in the academic year of 2012/2013. The instruments of collecting data are speaking test in the form of retelling story, observation checklist and field notes. The action is successful when at least 18 students or 70% of 24 students have good level in speaking ability.

The result of this research shows that in cycle 1, the students’ average score is 42.70. The highest score was in students’ performance (13.95), and the lowest was grammar (6.45). There were only 9 students or 32.5% of 24 students who got good level in speaking ability. While in cycle 2, the students’ average score is 45.21. The highest score was still in students’ performance (13.95), and the lowest was grammar (7.91). There were 19 students or 79.16% of 24 students who got good level in speaking ability. It could be seen that there is a continuing progress of using cartoon films to teach narrative.

The presence of cartoon films as media to improve students’ narrative speaking had given a significant progress toward their speaking ability. Since they were never taught by using films, the presence of this research also gave the students new perspective that they could also relate the material to their hobby like pictures, music, etc.

Key words: Improving, speaking ability, cartoon Film.

 

Abstrak

 

Penelitian ini didasari oleh fenomena bahwa kemampuan berbicara bahasa inggris siswa di SMPN 2 Taman kelas VIII-E perlu untuk ditingkatkan. Beberapa dari siswa masih malas bahkan tidak berani berbicara dalam bahasa inggris karena kurangnya ide untuk disampaikan dalam bahasa inggris. Penggunaan film kartun sebagai media pembelajaran diharapkan akan membangkitkan imajinasi siswa, agar siswa memiliki dan mengerti ide apa yang akan disampaikan dalam bahasa inggris.

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:

(1) Untuk mengetahui penerapan film kartun dalam kelas berbicara bahasa inggris di kelas VIII-E SMPN 2 Taman.

(2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa di kelas VIII-E SMPN 2 Taman dalam berbicara bahasa inggris setelah diajarkan menggunakan film kartun.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Objek penelitian adalah siswa-siswa di kelas VIII-E SMPN 2 Taman tahun ajaran 2012/2013 pada smester kedua. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes berbicara dalam bentuk menceritakan kembali cerita pada film, dan observasi lapangan. Tindakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini dinyatakan berhasil ketika sedikitnya 18 siswa atau 70% dari 24 siswa sudah memiliki level bagus dalam berbicara bahasa inggris.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di siklus pertama, nilai rata-rata untuk berbicara bahasa inggris siswa adalah 42.70 atau berada pada level bagus. Nilai rata-rata tertinggi ada pada penampilan (performance) siswa berbicara bahasa inggris di depan kelas, yakni 13.95 dan nilai rata-rata terendah ada pada penggunaan grammar, yakni 6.45.  Namun jika dilihat secara individu, hanya 9 siswa atau 32.5% dari 24 siswa yang tergolong dalam level bagus untuk nilai berbicara bahasa inggris. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian belum bisa dinyatakan berhasil dan siklus selanjutnya masih dibutuhkan. Sedangkan pada siklus kedua, nilai rata-rata siswa dalam berbicara bahasa inggris adalah 45.21 atau masih berada pada level bagus. Nilai tertinggi masih berada pada penampilan (performance) berbicara siswa di depan kelas, yakni 13.95, dan nilai terendah juga masih berada pada penggunaan grammar yakni 7.91. Secara individu, ada 19 siswa atau 79.16% dari 24 siswa yang sudah memiliki level bagus dalam kemampuan berbicara, dan penelitian dinyatakan berhasil. Dapat dilihat bahwa penggunaan film kartun dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Penggunaan film kartun sebegai media pembelajaran memberikan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berbicara bahasa inggris siswa. Penggunaan film kartun juga memberikan pandangan kepada siswa untuk dapat menghubungkan pembelajaran dengan hobi mereka yang lain seperti penggunaan gambar, musik, dan sebagainya.

Kata Kunci: Meningkatkan, Kemampuan Berbicara bahasa Inggris, Film Kartun

 

Published
2013-08-15
How to Cite
PRAYOGI, N. (2013). Improving Students’ Speaking Ability By Using Cartoon Film. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/3832
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 624