THE USE OF “KOMUNIKATA” GAME TO INCREASE VOCABULARY OF THE SEVENTH GRADERS IN SMP NEGERI 23 SURABAYA

  • GWENNY AINNUN NUR

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa, siswa pada umumnya bermasalah dengan kosakata sehingga kosakata menjadi komponen yang paling penting dari bahasa. Kosakata merupakan elemen penting dalam proses pembelajaran bahasa asing. Kosakata merupakan jembatan yang menghubungkan ke empat keterampilan bahasa Inggris bersamaan dengan pentingnya peran kosakata dalam belajar bahasa Inggris. Oleh sebab pentingnya kosakata dalam pembelajaran bahasa Inggris, guru harus kreatif dalam memberikan cara yang menarik untuk menjelaskan kosakata – kosakata baru. Permainan Komunikata adalah salah satu permainan bahasa yang berfokus pada peningkatan kosakata siswa. Permainan Komunikata adalah permainan tebk-menebak yang menciptakan kondisi di mana target penggunaan bahasa diperlukan agar pemain dapat menebak dengan benar. Dengan demikian, penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan permainan Komunikata untuk meningkatkan kosakata siswa pada kelas tujuh SMP. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan catatan observasi lapangan, wawancara semi terstruktur dan angket. Setelah dianalisis melalui data yang dikumpulkan, hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa permainan Komunikata dapat diterapkan sebagai salah satu cara yang menarik untuk membantu siswa dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris di dalam kelas.

Kata Kunci: kosakata, permainan bahasa, komunikata

 

Abstract

In learning language, students always deal with vocabulary thus vocabulary becomes the most important component of language. It is an essential element in the process of learning a foreign language. It is a bridge connects to four English skills together and plays a very important role in learning English. Due to the importance of vocabulary, teacher should be creative to provide an interesting way in explaining new vocabularies. Komunikata Game is one of language game which focuses on improving the students’ vocabulary. It is a guessing game that creates conditions in which the use of the target language is necessary for leading players to the correct guess. Therefore, this study uses descriptive qualitative research which aims to describe the implementation of Komunikata Game to increase seventh graders vocabulary. The instrument of this study were observation field notes, semi structured interview and questionnaire. Having analyzed through the data was collected, the result show that Komunikata Game could be implemented as one of the interesting way to help the students to increase their vocabulary in the classroom.

Keywords: vocabulary, language games, komunikata.

 

 

Published
2013-08-16
How to Cite
AINNUN NUR, G. (2013). THE USE OF “KOMUNIKATA” GAME TO INCREASE VOCABULARY OF THE SEVENTH GRADERS IN SMP NEGERI 23 SURABAYA. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/3849
Abstract Views: 137
PDF Downloads: 32