The Use of TED Talks Videos for Learning Public Speaking by English Department Students

  • Azminatul Alfay Rohmah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

 

Abstrak

Keterampilan berbicara dianggap sebagai salah satu keterampilan yang paling menantang oleh para siswa karena berkaitan dengan bagaimana mereka mengekspresikan dan menyampaikan ide mereka menggunakan bahasa target. Terlebih lagi dalam berbicara di depan umum, para siswa harus tahu bagaimana menyampaikan ide mereka menggunakan perpaduan antara bahasa lisan dan non lisan seperti menciptakan pidato yang menarik, topik yang memukau, serta gerakan yang tepat. Beberapa penelitian sebelumnya menemukan bahwa video TED (Technology, Entertainment, and Design) Talks bermanfaat dalam meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum oleh para siswa. Namun, kita masih belum mengetahui bagaimana pengalaman para siswa dalam memanfaatkan TED Talks untuk berbicara di depan umum baik secara lisan maupun non lisan. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengalaman mahasiswa Jurusan bahasa Inggris tentang bagaimana mereka memanfaatkan video TED Talks untuk belajar berbicara di depan umum, serta aspek apa saja yang mereka pelajari dalam memanfaatkannya. Penelitian ini menargetkan mahasiswa angkatan 2018, 2019, dan 2020 di Jurusan Bahasa Inggris di salah satu universitas di Surabaya. Melalui kombinasi metode kuantitatif dan kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa para mahasiswa menemukan pengalaman-pengalaman menarik yang dirasakan ketika mereka menggunakan video TED Talks untuk belajar berbicara di depan umum. Mereka juga mengakui bahwa ada banyak aspek berbicara di depan umum yang dapat dipelajari dari video tersebut. Setelah menonton video TED Talks, para mahasiswa mencoba meniru dan mempraktekkan apa yang telah mereka tonton untuk membuat public speaking mereka menjadi lebih menarik.

Kata Kunci: Video TED Talks, Berbicara di Depan Umum, Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris, Pengalaman

 

Abstract

Speaking skills can be considered one of the most challenging skills by the students since it deals with how they express and convey their idea using the target language. Moreover, in public speaking, the students should know how to communicate their ideas using verbal and nonverbal language combinations such as creating an interactive speech, exciting topics, and proper movement. Some of the previous studies found that TED Talks videos are beneficial in improving the students’ public speaking skills. However, we still do not know how the students’ experiences on how they make use of TED (Technology, Entertainment, and Design) Talks to learn public speaking in both verbal and nonverbal aspects.  To address it, this research aims to investigate the English Department students’ experiences of how they use of TED Talks videos for learning Public Speaking, and also what public speaking aspects that they learned by using it. This research targeted 2018, 2019, and 2020 cohort students in the English Department of one of the universities in Surabaya. Through the combination of quantitative and qualitative methods, this research found that the students’ perceived exciting experiences when they use TED Talks videos for learning public speaking. They also admitted that there were many aspects of public speaking can be learned from the videos. Upon watching TED Talks videos, the students tried to imitate and practice what they have watched to make their public speaking better.

Keywords: TED Talks Videos, Public Speaking, English Department students, Experiences

Published
2022-06-15
How to Cite
Rohmah, A. (2022). The Use of TED Talks Videos for Learning Public Speaking by English Department Students. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 10(01), 67-75. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/46123
Section
Articles
Abstract Views: 352
PDF Downloads: 925